Polres Sorong Terima Dana Hibah Keamanan Pilkada 7,5 M

KABUPATEN SORONG, PBD – Polres Sorong menerima dana hibah keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sorong sebesar Rp 7,5 Miliar.

Penyerahan dana hibah keamanan itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Plh Bupati Sorong, Cliff Agus Japsenang bersama Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru bertempat di Kantor Bupati Sorong, Rabu (24/1/24) lalu.

Saat ditemui Sorongnews.com, Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru mengatakan bahwa, dalam penerimaan dana hibah yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Sorong, pihaknya akan merasionalisasikan dana hibah itu sesuai dengan kebutuhan pengamanan, sehingga kedepannya dana hibah itu dapat menunjang semua kebutuhan Pilkada 2024.

“Pada hari Rabu (24/1/24) lalu, Pemerintah Kabupaten Sorong bersama Polres Sorong, saya bersama Plh Bupati Sorong menandatangani NPHD terkait dukungan pengamanan Pilkada 2024 sebesar 7,5 M,” kata Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru saat ditemui di ruang kerjanya, Mapolres Sorong, Kabupaten Sorong, Jumat (26/1/24).

Dijelaskannya bahwa, dana hibah yang diterima pihaknya itu dialokasikan demi menunjang pelaksanaan pengamanan seluruh tahapan Pilkada 2024.

“Dana hibah ini akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan pengamanan tahapan-tahapan Pilkada 2024, mengamankan tahapan-tahapan Pilkada mulai dari pendaftaran, kampanye, pencoblosan dan tahapan-tahapan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, dibeberkannya, pihaknya akan melakukan pengamanan secara terbuka dan melakukan kegiatan yang menyentuh masyarakat, sehingga kedepannya dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada 2024.

“Kita juga melakukan pengamanan secara terbuka dan melakukan kegiatan turun ke masyarakat. Melakukan himbauan, agar masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam pilkada nanti, dengan cara-cara positif, dan tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada 2024,” bebernya.

Dirinya menyebutkan, dalam setiap tahapan-tahapan Pilkada 2024, pihaknya senantiasa menerjunkan personil berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Dirinya mengaku akan menerjunkan sebanyak 393 personil Polres Sorong untuk mengamankan pencoblosan Pilkada 2024 dan dibantu Brimob Polda Papua Barat.

“Total pengamanan disetiap tahapan Pilkada ada SOP-nya. Namun pada saat pemungutan suara Pilkada 2024 itu, dari Polres Sorong sendiri akan diterjunkan sekitar 393 personel dan dibantu oleh personil Brimob Polda Papua Barat,” sebutnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, penyaluran dana pengamanan Pilkada 2024 itu akan dilaksanakan dua tahap. Ditahap pertama, Pemkab Sorong akan menyerahkan Rp 4 Miliar, selanjutnya ditahap kedua Pemkab Sorong menyerahkan Rp 3,5 miliar.

Selain penyerahan dana pengamanan, Pemkab Sorong memberikan bantuan berupa fasilitas transportasi 2 buah longboat serta motor tempel berukuran 40 PK.

Diketahui, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024 direncanakan digelar secara serentak se-Indonesia pada 27 November 2024. Tercatat, total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 sebanyak 545 daerah dengan rincian 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar