Pleno Rekapitulasi Hasil 2 TPS PSU Malawele Tingkat Provinsi Lancar, KPU PBD : Menunggu Petunjuk KPU RI

SORONG, PBD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu tahun 2024 tingkat Provinsi Papua Barat Daya pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU MK) di Kabupaten Sorong Dapil Papua Barat Daya III jenis pemilihan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Daya bertempat di salah satu hotel di Kota Sorong, Sabtu (6/7/24).

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com, dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka itu berjalan lancar dan tanpa hambatan sekalipun. Pasalnya, tidak terdapat sanggahan begitu berarti yang disampaikan para saksi parpol dalam segenap rangkaian pembacaan hasil rekapitulasi tersebut.

Tercatat, sedikitnya 8 saksi parpol menghadiri rapat pleno terbuka itu, diantaranya PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, NasDem, Perindo, PSI, Demokrat dan PAN.

Ketua KPU Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu mengatakan bahwa, pelaksanaan rapat pleno terbuka itu merujuk pada tahapan pelaksanaan PSU di 2 TPS Malawele Aimas Kabupaten Sorong pada 29 Juni 2024, lalu.

“Kita tetap merujuk kepada jadwal dan tahapan PSU, bahwa pelaksanaan PSU yang sudah dilakukan tanggal 29 Juni 2024 lalu, untuk jenis Pemilihan Anggota DPRD Provinsi Dapil 3, yang lokusnya di Kabupaten Sorong, 2 TPS yaitu TPS 07 dan 18,” kata Ketua KPU PBD, Andarias Daniel Kambu kepada sejumlah awak media.

Lebih lanjut, diakuinya, pihaknya menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga KPU Papua Barat Daya melaksanakan rapat pleno terbuka berdasarkan jadwal dan tahapan yang ditentukan.

“Maka disitulah kami tindak lanjuti putusan MK, setelah jadwal dan tahapan Pemungutan Suara Ulang, maka kita lakukan pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk jenis pemilihan DPRD Provinsi Dapil III. Tanggal 5 dan 6, dua hari ditentukan jadwal, kami telah melaksanakan dan hasilnya sudah diketahui bersama, seperti yang telah dimuat dalam berita acara rekapitulasi hasil perhitungan suara,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Andarias membeberkan bahwa, usai melaksanakan rapat pleno terbuka tersebut, pihaknya akan melakukan konsultasi dengan pimpinan KPU RI sekaligus menunggu petunjuk KPU RI berkaitan dengan penetapan kursi dan pengetahuan calon untuk Dapil III Provinsi Papua Barat Daya.

“Setelah ini kami akan berkonsultasi ke pimpinan KPU RI, untuk selanjutnya rencana penetapan perolehan kursi dan penetapan calon itu kita menunggu petunjuk KPU RI seperti apa,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan Sorongnews.com, 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, telah melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (29/6/24) lalu.

2 TPS PSU yang dimaksudkan itu yakni TPS 07 dan TPS 18. Keduanya TPS tersebut berlokasi di Kelurahan Malawele, Distrik Aimas, diketahui jarak kedua TPS terbilang dekat, hanya berjarak kurang lebih 500 meter.

Diketahui, pencoblosan kertas suara untuk jenis pemilihan Calon Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Daya Daerah Psmilihan (Dapil) III.

Pelaksanaan 2 TPS PSU guna menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 05-01-12-38/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024.

Hingga berita ini diterbitkan, KPU PBD masih menunggu putusan resmi KPU RI terkait SK Penetapan Kursi dan Calon Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Daya Dapil III. (Jharu)

____

Komentar