PKPD Hadirkan Terobosan Aplikasi RAB Desain Pembangunan Bagi Kampung

SORONG,- Pusat Konsultasi Pemerintah Daerah (PKPD) bersama Pemerintah Kampung se-kabupaten Tambrauw menyelenggara training dan edukasi Aplikasi RAB Desain pembangunan kampung se- Tambrauw yang berlangsung di Vega Hotel, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (26/7/22). Terlihat sejumlah perwakilan kepala kampung, sangat antusias mengikuti training dan edukasi Aplikasi RAB Desain pembangunan kampung se-Tambrauw.

Ketua Panitia Amiruddin Muhammad menjelaskan, training dan edukasi Aplikasi RAB Desain pembangunan kampung se-Tambrauw dilatarbelakangi oleh tiga hal.

Pertama kurangnya sumber daya manusia, untuk menyusun rancangan anggaran biaya pembangunan kampung. Sementara SDM yang berada di sejumlah kampung sangat minimnya lulusan teknik sipil.

Selama enam tahun terakhir penyusunan anggaran pendapatan belanja kampung (APBK) selalu mengalami keterlambatan dan salah satu indikator penyebabnya adalah lambatnya rencana anggaran biaya (RAB) dan desain pembangunan kampung disusun.

Kedua selama ini penyusunan RAB Desain pembangunan kampung dibantu oleh pihak ketiga dengan jumlah kampung yang begitu banyak serta kurang pemahamannya aparatur kampung terhadap Rab desain tersebut yang pada akhirnya aparatur kampung selaku pelaksana dan penanggungjawab pembangunan kampung seringkali mengalami permasalahan dikemudian hari dalam prosesnya

Ketiga pemanfaatan teknologi informasi atau aplikasi yang telah dikembangkan oleh PKPD. Menyajikan terobosan baru dalam membantu aparatur kampung untuk menyusun RAB tersebut.

“Kegiatan ini lah yang dilatihkan agar pada saat penyusunan anggaran pendapatan biaya kampung itu bisa on time, faktor RAB sudah selesai lebih awal dengan bantuan aplikasi RAB Desain pembangunan kampung tadi,” terangnya.

Besar harapan Amiruddin setelah setiap kepala kampung mengikuti training dan edukasi Aplikasi RAB Desain pembangunan kampung se-Tambrauw ini. Aparatur kampung sudah bisa terlibat dalam penyusunan RAB secara sederhana.

Sementara itu ditambahkan manejer Operasional PKPD, Jafar, mengatakan Kabupaten Tambrauw untuk keempat kalinya di Papua Barat mengikuti kegiatan tersebut, hanya saja kabupaten kota dan Sorong yang menjadi tempat pelaksanaanya. Ia berharap agar pelaksanaan dapat terlaksana di Kabupaten Tambrauw.

Dimana diikuti oleh 167 kepala kampung, dan operator kampung yang bisa mengoperasikan komputer dan berlangsung selama empat hari tiga malam dimulai dari tanggal 25 hingga 28 mendatang. (Fatrab)

___

Komentar