Pj Gubernur Serahkan Beras Bantuan Kepada 78.812 Keluarga se-Papua Barat Daya

KABUPATEN SORONG, – Dalam rangka mengimplementasikan tugas Badan Pangan Nasional (BPN) guna menyalurkan beras bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Provinsi Papua Barat Daya. Pejabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad secara simbolis menyerahkan beras bantuan pangan bertempat di Alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Rabu (6/3/24).

Penyerahan oleh Pj Gubernur PBD itu diberikan kepada perwakilan penerima KPM berasal dari Kabupaten Sorong dan Kota Sorong didampingi Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Sorong Papua Barat Daya beserta jajaran, OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Sorong dan Kota Sorong.

__ ___

Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan bahwa pendistribusian beras bantuan pangan merupakan agenda lanjutan. Diakuinya, pemerintah Provinsi Papua Barat Daya harus berada ditengah-tengah konsumen dan produsen.

“Pemerintah harus berdiri ditengah antara Konsumen dan Produsen seyogyanya ini dapat dipahami, apabila beras murah di pasaran, kasihan petani yang berteriak, tapi kalau beras mahal kasian para Konsumen,” kata Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, Rabu (6/3/24).

“Keberimbangan ini yang harus kita pikirkan bersama, karena keduanya punya keterikatan yang sama antara satu dengan yang lain, tergantung bagaimana kita menyikapi hal ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Sorong Papua Barat Daya, Sri Ariandina mengatakan bahwa, bantuan pangan ini merupakan penugasan dari Presiden RI melalui Badan Pangan Nasional (BPN) kepada pihaknya guna menyalurkan beras bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

“Bantuan pangan ini penugasan dari Presiden RI melalui BPN kepada kami Perum Bulog untuk menyalurkan beras bantuan kepada 22.004.077 KPM diseluruh Indonesia,” kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Sorong Papua Barat Daya, Sri Ariandina.

Lebih lanjut, dipaparkannya bahwa, data KPM bersumber dari Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim yang diperoleh dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Untuk jumlah KPM di wilayah Provinsi Papua Barat Daya sendiri totalnya berjumlah 78.812 Keluarga, terdiri dari Kota Sorong berjumlah 28.949 KPM, Kabupaten Sorong 17.583 KPM, Kabupaten Raja Ampat 6.590 KPM, Kabupaten Tambrauw 10.171 KPM, Kabupaten Sorong Selatan 7.198 KPM dan Kabupaten Maybrat 8.321 KPM,” terangnya.

Dituturkannya, setiap KPM akan menerima 10 kg beras selama 6 bulan alokasi yaitu alokasi Bulan Januari hingga Juni 2024. Disampaikannya, penyalurannya dibagi dua tahap yaitu tahap I untuk penyaluran bulan Januari hingga Maret, sedangkan tahap II untuk bulan April hingga Juni.

“Untuk itu setiap tahapan penyaluran kami harus menyediakan beras sebanyak 788.120 kg x 3 bulan = 2.364.360 kg (2.364,36 ton). Jadi 6 bulan = 4.728, 72 ton,” rincinya.

Dijelaskannya, terdapat sebagian plafond Kabupaten Tambrauw disalurkan melalui Perum Bulog Kantor Cabang Manokwari, hal ini dinilainya sebab aksesnya jauh lebih mudah melalui Kantor Cabang Manokwari bila dibandingkan disalurkan dari Kantor Cabang Sorong.

“Penyaluran bantuan pangan tahap I yaitu alokasi Januari hingga Maret 2024 baru tersalur sebanyak kurang lebih 535 ton atau 22% dari plafond yang seharusnya disalurkan sebanyak 2.364, 36 ton,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, dibeberkannya bahwa, penyaluran ini dinilai masih tergolong rendah dalam pencapaian penyaluran yang diharapkan, karena seyogyanya penyaluran di bulan Maret sudah tersalurkan semua plafond Januari hingga Maret.

“Kami mohon bantuannya kepada Bapak Gubernur, Bupati dan Walikota beserta seluruh jajarannya untuk dapat mendukung kami dalam menyalurkan beras bantuan pangan ini, sehingga bisa tepat waktu dan tepat sasaran,” ujarnya. (Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar