Pj Gubernur PBD Tinjau Lokasi Banjir, Siapkan BTT 500 Juta Tangani Banjir Kota Sorong

SORONG, PBD – Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya siap menggelontorkan anggaran sebesar Rp 500 Juta guna menangani banjir yang terjadi di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (8/3/24).

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad saat ditemui Sorongnews.com usai meninjau banjir di Km 10 Masuk, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (8/3/24).

“Hari ini kita akan berikan dana Rp 500 juta kepada Pemerintah Kota Sorong untuk membersihkan kota Sorong yang diakibatkan oleh banjir. Rp 500 juta ini merupakan dana awal dan kedepannya kita akan bantu Pemkot Sorong untuk mengatasi banjir yang sering terjadi ini,” terang Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad didampingi Pj Wali Kota Sorong, Septinus Lobat saat ditemui Sorongnews.com, Jumat (8/3/24).

Lebih lanjut, dipaparkannya bahwa, pemberian dana Rp 500 juta ini menjadi langkah awal Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dan Pemerintah Kota Sorong dalam mengatasi banjir yang kerap kali terjadi di Ibukota Provinsi Papua Barat Daya, Kota Sorong.

“Sorong ini ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya, sehingga ini akan menjadi fokus dan perhatian kita bersama, kedepannya kita akan usahakan untuk mengatasi banjir yang sering terjadi ini,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, diakuinya bahwa, Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya akan melakuka kebijakan emergency untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi.

“Kita harus melakukan kebijakan emergency satu atau dua hari kedepan, supaya rakyat tau bahwa pemerintah itu ada dan siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya.

Ditambahkannya, dirinya meminta agar Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam menangani banjir yang selalu menjadi masalah utama di Kota Sorong.

“Kita harus bersama-sama bersinergi untuk menangani sistem drainase, sehingga banjir tidak terjadi setiap tahunnya, salah satunya dengan material pengangkutan sampah-sampah yang ada di got dan material lainnya,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com sebelumnya Pj Gubernur Papua Barat Daya dan Pj Walikota Sorong beserta rombongan melakukan perjalanan dan meninjau lokasi banjir dari PLTD Kota Sorong hingga melintasi genangan air banjir di sepanjang Jl Sungai Maruni Km 10 serta melewati Gunung Jufri Km 10.

Usai sampai diatas Gunung Jufri, rombongan Pj Gubernur dan Pj Walikota Sorong melanjutkan perjalanan hingga menuju tempat langganan terjadinya banjir di Kota Sorong.

Melewati kepungan dan genangan air banjir yang dipenuhi sampah yang berserakan, rombongan Pj Gubernur dan Walikota berhasil tiba disekitaran Kampung Bugis, Km 10 masuk.

Usai sampai di sekitaran Kampung Bugis Km 10 masuk, Pj Gubernur Papua Barat Daya didampingi Pj Wali Kota Sorong beserta rombongan disambut hangat oleh warga Kilometer 10, keduanya terlihat meninjau langsung selokan yang menjadi penyebab terjadinya banjir di kawasan itu.

Terlihat, kedua pejabat itu menyatu dan berkumpul dengan tokoh masyarakat serta masyarakat setempat dalam rangka mendiskusikan terkait penyelesaian banjir yang sering terjadi di kawasan Km 10 masuk.

Diketahui, Pj Gubernur Papua Barat Daya akan penyerahan Bantuan Belanja Tidak Terduga (BTT) senilai Rp 500 juta kepada Pemerintah Kota Sorong bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat Daya siang ini. (Jharu)

___

Komentar