Peran Telekomunikasi Deteksi Dini Stunting Pada Anak Di Daerah 3T

Dokter spesialias anak di RSUD Sele Be Solu, dr. Sri Riyanti Windesi menyatakan bahwa stunting adalah perawakan pendek yang disebabkan karena kekuragan gizi jangka panjang dan bukan waktu yang singkat, sehingga tinggi badannya berkurang.

“Biasanya penyebabnya adalah kurangnya asupan gizi yang kurang misalnya orang tuanya tidak tahu bagaimana memberikan makanan yang benar mungkin hanya sekedar makan kemudian karena kemiskinan atau juga kebutuhan nutrisi yang meningkat akibat kesehatan yang sub obtibal misal diare akibat lingkungan kurang bersih,” ujar riyanti.

Sementara itu, pembicara lainnya, Dokter spesialis gizi klinik di RS Sumber Waras Jakarta, dr. Tjandraningrum mengatakan bahwa media komunikasi diJakarta cukup massif. Tapi kemungkinan komunikasi dan edukasi untuk orang tua khususnya Ibu yang belum memadai.

“Bagaimana kedepannya anak itu jika dibiarkan dalam gizi buruk, makanya orang tua khusus ibunya harus terus teredukasi secara continue,”ujar tjandranigrum”

Dalam kegiatan yang dilakukan secara virtual itu mendapat respon baik dari sejumlah masyarakat serta dihadiri dan memberikan sambutan sebagai Keynote speaker DR. Fadhilah Mathar selaku Direktur SDA Bakti. (Endah)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar