Pemkab Maybrat Target 100 Hektar Lahan Padi di Wilayah Pinggiran Sungai Kamundan

MAYBRAT, PBD- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Maybrat, Marthen Howay, S.Hut, MP mengungkapkan bahwa, pihaknya akan terus mengembangkan program penanaman padi di lokasi pertanian Kampung Faankahrio, Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya.

Lokasi yang sudah disiapkan khusus untuk menanam padi ladang di pinggiran sungai Kamundan tersebut kurang lebih 100 hektar. Tidak hanya di Kampung Faankahrio, Distrik Aifat Timur Tengah, Dinas Pertanian Maybrat juga melirik lokasi di Kampung Foug, Kisor dan Ayamaru berdekatan danau.

___

“Kami sangat berterimakasih kepada Direktur Pembiayaan Pertanian, dimana sudah hadir di Maybrat dan berdiri bersama kelompok tani di pinggiran sungai Kamundan. Memang padi ini baru kami mulai di Maybrat yakni di Kampung Faankahrio. Tapi kami yakin padi ini akan besar di Kabupaten Maybrat”, ujar Marthen di Kamundan, Selasa (2/4/24).

Dikatakannya, panen raya padi pertama di lokasi pertanian Faankahrio menghasilkan 1 ton 700 kilo pada lahan satu hektar. Olehnya, pihaknya sangat yakin padi sangat potensial untuk dikembangkan di Maybrat. Dan, dinas pertanian siap melakukan pendampingan terhadap para kelompok-kelompok tani hingga dapat mandiri.

“Pengembangan sektor pertanian ini, terlebih khusus untuk padi tentu banyak kendala. Kami sangat berharap, Direktur Pembiayaan Pertanian Kementerian Pertanian yang sudah hadir melihat itu. Sehingga apa yang dapat dibantu bisa dibantu demi pengembangan pertanian di Maybrat. Saya juga mengajak agar para kelompok tani dapat menerima perubahan dan peluang yang ada demi kemakmuran kedepan”, tutupnya. (Valdo)

___ ___

Komentar