oleh

Pekarangan Rumah Sebagai Solusi Pangan Keluarga Perempuan Kokoda Mikore

Sorong, – Masa Pandemi Covid-19 memaksa setiap orang untuk beraktivitas lebih banyak di rumah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kondisi pandemi tidak serta merta membuat perempuan Kokoda Mikore tidak produktif. Beragam aktivitas dilakukan untuk menopang kebutuhan pangan rumah tangga mereka.

Jumat, 12 Februari 2021, mama-mama Kokoda Mikore bersama Diplomat Muda Lingkungan dari yayasan Econusa melakukan penanaman berbagai bibit tanamam buah dan sayuran di pekarangan rumah mereka, seperti bibit pohon pinang, rambutan, jambu kristal, matoa, kasbi (ubi batang) sampai pada tanaman apotek dapur, seperti cabai, jeruk dan sayuran.

Mama-mama Kokoda Mikore berharap, dengan dimanfaatkan pekarangan rumah mereka akan mampu memberikan suasana hijau untuk lingkungan mereka dan mengurangi pengeluaran untuk membeli kebutan dasar dapur mereka.

Farida, salah satu mama Kokoda Mikore menuturkan bahwa beberapa bulan kemudian, setelah Kasbi (ubi batang) siap dipanen, mereka akan olah menjadi berbagai jenis makanan, seperti bolu ubi, lumpia ubi dan kripik ubi sebagai upaya mendukung perekonomian keluarga.

“Nanti kalau su panen Kasbi, kitong buat jadi kue bolu, lumpia dan keripik. Nanti kitong jual, jadi bisa membantu ekonomi keluarga” terangnya.

Koordinator aksi, Efa Rubawati pada kegiatan tersebut menuturkan, bahwa kedepannya akan membantu mempromosikan serta melatih mereka untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk yang mereka hasilkan untuk dapat dijual secara online.

“Kedepannya, selain melaksanakan aksi penanaman dan penghijauan di Kampung Maibo ini, kami akan memberikan pelatihan terkait pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran dari hasil kreasi mereka. Hal ini sebagai upaya ketahanan pangan serta peningkatan perekonomian keluarga” jelasnya. (ERS)

Komentar