Masyarakat Bisa Ikut Upacara 17 Agustus 2023 di Stadion Katalpal Merauke Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Provinsi Papua Selatan telah menyiapkan beragam kegiatan menyemarakkan 17 Agustus 2023.

Terutama upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-78 RI di Stadion Katal Pal Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Wakil Ketua Panitia HUT ke-78 kemerdekaan RI di Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, masyarakat umum bisa mengikuti langsung jalannya upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Stadion Katal Pal Merauke yang akan dimulai pukul 08.30 WIT.

“Masyarakat bergabung bersama ASN dan pelajar bisa langsung naik di tribun Stadion Katal Pal untuk menyaksikan upacara 17 Agustus,” tutur Asisten I Sekda Provinsi Papua Selatan disela-sela peninjauan gladi bersih upacara detik-detik proklamasi, Selasa (15/8/23).

Agustinus Joko Guritno menjelaskan, tidak ada persyaratan khusus untuk masuk ke Stadion Katal Pal.

Seluruh elemen masyarakat bisa datang naik langsung ke tribun Stadion Katal Pal untuk mengikuti upacara detik-detik proklamasi.

Usai upacara detik-detik proklamasi pada Kamis (17/8/23), sambungnya, masyarakat bisa menyaksikan demo tarian bendera merah putih oleh TNI Angkatan Darat (AD) dan demo paralayang oleh TNI Angkatan Udara (AU).

Dilanjutkan, atraksi demo tarian kolosal Nusantara oleh pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Merauke.

Wakil ketua panitia mengungkapkan, dihari yang sama, panitia HUT ke-78 RI Provinsi Papua Selatan akan melanjutkan kegiatan pemberian remisi di Lapas Kelas II B Merauke.

Sore hari, melaksanakan Obade penurunan bendera pukul 16.30 WIT dan resepsi kenegaraan puncak HUT RI 2023 di Gedung Negara Kantor Gubernur Provinsi Papua Selatan pukul 19.00 WIT.

Sehari sebelumnya pada Rabu (16/8/23), panitia akan melaksanakan rangkaian kegiatan Pengukuhan Paskibra oleh Gubernur di Gedung Negara puk 16.00 WIT. Kemudian, melaksanakan Taptu pukul 19.00 WIT dari Gedung Negara membawa bendera ke Kodim untuk disimpan sebelum upacara detik-detik proklamasi.

Ditambah lagi, pada Rabu (16/8/23) malam pukul 24.00 WIT dilaksanakan renungan suci.

“Diharapkan, hari ini kesiapannya mencapai 100 persen. Kami terus mempersiapkan tempat-tempatnya sampai selesai. Besok siang steril. Diupayakan semua bisa berjalan dengan baik,” tandas Agustinus Joko Guritno. (Hidayatillah)

___

Komentar