Loka POM Sorong Uji Takjil Jajanan Depan Masjid Raya

SORONG, PBD – Loka POM Sorong kembali menggelar pemeriksaan random takjil jajanan menu berbuka puasa. Kali ini menyasar pedagang di depan Masjid Raya Al Akbar Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (11/4/23).

Fungsi pemeriksaan Loka POM sorong, Anastasia Intan mengungkapkan bahwa kegiatan uji takjil merupakan kegiatan rutin Loka POM Sorong selama bulan Ramadhan untuk memastikan jajanan berbuka puasa tersebut aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Kegiatan uji takjil ini pun dilakukan satu hingga dua kali seminggu dengan tempat yang berbeda.

Adapun sampel yang diambil di wilayah Masjid Raya, sebanyak 19 jenis jajanan yang dicurigai mengandung 4 bahan berbahaya seperti borak, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B. Setelah membeli 19 jenis bahan pangan, petugas pun langsung menguji makanan dan minuman yang telah dibeli dan dinyatakan aman dari 4 bahan berbahaya tersebut.

“Mengajak Pramuka dari saka POM, kami juga memberikan edukasi kepada penjual maupun pembeli takjil mengenai keamanan pangan dari bahan berbahaya. Dimana sepanjang bulan Ramadhan di beberapa tempat yang telah Kami lakukan pengujian, Kami belum menemukan bahan olahan pangan yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan masih tergolong aman untuk dikonsumsi warga,” jelas Intan.

Selain melakukan uji takjil, Loka POM Sorong juga melakukan pengawasan terhadap sejumlah pangan olahan kemasan yang telah dibungkus rapi didalam parsel menjelang perayaan Idul Fitri. Dalam pengawasan tersebut, petugas Loka POM dibantu dinas terkait dan Pramuka Saka POM melakukan CEK KLIK yaitu, cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa. Dimana hasil CEK KLIK, semua bahan pangan dinyatakan lolos pengecekan. (Oke)

____

Komentar