oleh

Komunitas Hubbul Quran Sorong Raya Launching Bertepatan Dengan Malam Nuzulul Quran

 

SORONG, – Dalam rangka memperingati Nuzul Qur’an 17 Ramadhan, remaja musolah Al-Munawaroh memperkenalkan sekaligus melaunching komunitas Hubbul Qur’an (HQ) yang berdiri sejak tiga bulan yang lalu di Musolah Al Munawaroh, Kota Sorong, Papua Barat, Rabu malam (28/4/21).

Ketua Komunitas Hubbul Quran Sorong Raya, Dirfan mengatakan bahwa komunitas Hubbul Qur’an Sorong ini diambil dari bahasa Arab yaitu Hubbul yang berarti CInta dan Quran adalah kitab suci Al Quran, sehingga Hubbul Quran memiliki makna komunitas pecinta Al Quran.

Adapun tujuan dari komunitas ini agar mendapatkan regenerasi masyarakat Kota Sorong khususnya pemuda dalam mencintai Al Quran, dimana komunitas ini berdiri atas inisiatif sendiri serta terdapat perkumpulan para Qori dan Qoriah Kota Sorong dan berdirinya komunitas ini tanpa adanya gabungan dari instansi maupun lembaga lain. Komunitas ini sementara memiliki  35 personil yang terdiri dari gabungan Qori dan Qoriah serta hafidz dan hafizdah Qur’an Kota Sorong.

“Komunitas hubbul qur’an memiliki program kerja yang terdiri dari tiga divisi yang pertama divisi pendidikan dan pelatihan yang kedepannya akan membina adik-adik yang mempunyai potensi serta bakat khususnya dibidang seni baca Al-Qur’an, kemudian divisi komunikasi dan produksi divisi ini akan berfungsi untuk mengupload setiap kegiatan yang akan dilakukan melalui channel youtube Hubbul Qur’an Sorong” terang Dirfan.

Ia berharap dengan berdirinya komunitas HQ, ilmu yang dimiliki Qori, Qoriah, Hafidz dan Hafidzah dapat ditularkan ke orang lain, terutama adik-adik mereka dalam melafaskan ayat suci Al-Qur’an baik dari segi makna maupun dari Makhrajul hurufnya.

Sementara itu, pengurus Musola Al Munawaroh sekaligus anggota DPRD Kota Sorong, Syafrudin Sabonama menyambut baik komunitas HQ, karena sudah dipastikan bahwasannya ayat-ayat suci Allah SWT akan terus berkumandang dari generasi ke generasi.

“Jika besok ada anak yang malas mengaji pukul mereka karena akan ada masa dimana musolah-musolah tidak akan ada yang mau menjadi imam sebab mereka tidak bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an,” pesan Sabonama

Ditambahkan Wakil Ketua I DPRD Papua Barat, Hamka Bahri bahwasannya mereka sangat mengapresiasi tahmil musolah Al-Munawaroh serta penduduk yang berada disekitaran yang sangat memperhatikan anak-anak dalam membaca Al-Quran sehingga musolah ini bisa menjadi contoh untuk musolah yang lain.

Dirinya mengatakan dengan peluncuran komunitas HQ ini semakin terbuka dan bisa mengetuk hati anak-anak kita untuk senangtiasa cintah kepada Al Quran itu sendiri sebab Al Quran merupakan dasar bagaimana seseorang bias menegakan solatnya.

Pelaksanaan Nuzulul Quran dan launching komunitas HQ dilaksanakan dengan asntusias oleh pemuda dan pemudi Sorong Raya. (Imah)

Komentar