oleh

Ketua ISSI Papua Buka Muscab ISSI Merauke : Secepatnya Susun Program Kerja

MERAUKE – Bupati Merauke Romanus Mbaraka membuka secara resmi musyawarah cabang (muscab) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Merauke, Papua Selatan di Hotel Halogen Merauke, Sabtu (3/12/2022).

Bupati Merauke yang juga Ketua Umum Pengurus Provinsi ISSI Papua dalam sambutannya mengapresiasi semangat luar biasa pengurus ISSI Kabupaten Merauke.

“Segera membuat program kerja bagi pesepeda di 2023. Ada khusus misalnya kita gerakkan orang asli Papua. Lalu ada untuk saudara yang memang betul-betul mau berolahraga sepeda dan mereka yang orang tua untuk kesehatan seperti pasukan onthel,” tuturnya.

Romanus Mbaraka berpesan kepada ISSI Merauke untuk menyusun programnya dengan baik setahun kedepan.

Termasuk kegiatan yang bisa dilakukan Desember ini supaya secepatnya bisa diprogramkan.

Orang nomor satu di Merauke ini merincikan, program yang disusun adalah event tahunan dan event tetap.

“Event nasional kalau boleh di list karena perencanaan penganggaran harus direncanakan lebih awal untuk masuk di APBD 2023. Tidak lagi, ketika acara berlangsung baru membuat proposal dan disampaikan, maka tidak bisa dilayani,” sebut putera Papua suku Marind.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Muscab ISSI Kabupaten Merauke, Mulyadi Marzuki menjelaskan, olahraga sepeda merupakan salah satu olahraga masyarakat yang dapat menjadi sasaran untuk menunjang pembangunan bangsa baik dibidang fisik, mental dan spiritual.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bertitik tolak dari semangat dan antusias masyarakat Merauke dalam melakukan olahraga sepeda yang ditandai dengan munculnya beberapa perkumpulan olahraga sepeda, maka dipandang perlu membentuk suatu organisasi olahraga sepeda. Wadah dari perkumpulan-perkumpulan sepeda yang ada di Merauke,” ungkapnya.

Kata Marzuki, atas dasar pemikiran yang sama dari berbagai perkumpulan sepeda dan penggemar olahraga sepeda maka hari ini digelar muscab ISSI Kabupaten Merauke.

Diikuti 11 komunitas atau club perkumpulan sepeda, penggemar dan pemerhati olahraga sepeda.

“Tujuannya, mewadahi perkumpulan-perkumpulan sepeda dalam suatu organisasi yang dibawah KONI,” ujarnya.

Selain itu, sambung Marzuki, muscab dalam rangka membentuk kepengurusan ISSI di Merauke.

Terlebih pada 18 September 2018, ISSI Merauke telah mengadakan musyawarah daerah di aula KONI Merauke.

Menghasilkan beberapa program kerja dan susunan kepengurusan, akan tetapi sampai saat ini SK dari Pengprov ISSI belum terbit.

“Kami mohon Bapak Bupati Merauke sekaligus Ketua Umum Pengprov ISSI Papua nantinya dapat sesegera mungkin menindaklanjuti penerbitan SK Pengcab ISSI Merauke periode 2022 – 2027,” harap Marzuki.

Diharapkan, setelah kepengurusan ISSI Merauke terbentuk agar dapat diakomodir dalam wadah KONI.

Dengan demikian, KONI dapat memberikan bimbingan dan arahan agar ISSI dapat mencetak atlet-atlet yang berprestasi untuk mengharumkan tanah Anim Ha. (Hidayatillah)

Komentar