oleh

Kesadaran Wisatawan Kurang, BLUD R4 Tangan

WAISAI, – Dinas Pariwisata Raja Ampat dan Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD-UPTD) Destinasi Pariwisata Raja Ampat bersama pengelola objek wisata Piaynemo dan Friwen membersihkan spot wisata unggulan Raja Ampat, Papua Barat Jumat (15/1)

Koordinator Wilayah Waigeo Raya, UPTD Destinasi Pariwisata Raja Ampat, Gibson Sauyai menjelaskan bahwa kedua spot tersebut, sampah jenis plastik dan stereofoam sering terlihat dibeberapa sudut dan lokasi umum tempat wisatawan yang datang beristirahat, seperti tempat duduk, rest area dan jalur jalan yang sering dilalui.

Hal ini sangat disayangkan karena menurutnya, Pemda kabupaten Raja Ampat melalui Dispar dan BLUD-UPTD Destinasi Pariwisata telah menyiapkan banyak tempat sampah disetiap spot wisata dan pihak pengelola objek wisata itu akan secara rutin mengontrol dan mengumpulkan sampah-sampah itu yang kemudian dibawa ke Waisai untuk dibuang sesuai dengan jenis sampahnya.

“Jelas ini perilaku yang tidak pantas untuk dicontoh. Sehingga kami ingatkan lagi, agar wisatawan menjaga kebersihan saat mengunjungi Raja Ampat, buang sampah pada tempat yang sudah kami siapkan,” kata Gibson.

Setelah aksi bersama membersihkan dua spot wisata ini, kurang lebih 8 kantong sampah berisi sampah jenis plastik seperti botol air mineral, kantong plastik, lalu stirofoam dan jenis plastik lainnya berhasil dikumpulkan. Menurut Gibson, sampah kali ini hasil akumulasi dari bulan Desember tahun lalu yang dibuang secara sembarangan oleh wisatawan di dua spot wisata ini.

“Ini dari bulan Desember. Tentunya ini akan kami pantau terus, agar spot wisata ini selalu bersih dan asri serta nyaman bagi wisatawan yang datang ke Raja Ampat,” ujarnya. (Nna)

Komentar