oleh

Kebakaran di Kilang RU VII Kasim, Begini Cekatannya Mereka Tangani Tekanan

SORONG, – Sejumlah petugas berseragam orange dan biru terlihat sigap ketika mendapatkan informasi adanya kebakaran di Kilang Minyak Pertamina Refinery Unit (RU) VII Kasim, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (18/12/20). Sirine tanda kebakaran pun dibunyikan. Warga berdatangan didepan pintu gerbang Kilang RU VII namun dihadang oleh petugas Kepolisian dan TNI yang ditugaskan menjaga Objek vital milik negara.

Insiden berupa kebakaran di tangki 5-T-21 yang berisi residu, dimana api ditemukan di sisi timur atap tangki oleh salah satu operator yang melakukan patroli di area tangki yang kemudian segera dilaporkan kepada Fire Station RU VII dan Area Manager Operating dan Manufacturing selaku Incident Commander yang berada di Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) RU VII. 

Petugas pemadaman kebakaran (Fire Brigade) RU VII kemudian segera memberangkatkan kendaraan pemadaman kebakaran dan peralatan lengkap beserta crew ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman sementara pada saat yang bersamaan juga tetap harus mengatur pola operasi agar tetap berjalan. 

Selain itu tumpahan residue di dalam area bundwall tangki 5-T-21 yang sempat lolos ke parit, membuat keadaan semakin gaduh. Evakuasi dan pertolongan pertama terhadap salah satu fireman yang terjatuh di bundwall dan tidak sadarkan diri, tumpahan minyak di laut serta penanganan tim Security dan Comrel RU VII terhadap sekelompok massa yang ingin menanyakan warga yang menjadi korban kecelakaan kerja dan meminta ganti rugi karena tumpahan minyak di laut membuat keadaan semakin panik.

Komentar