Kapolda PB Bangun Yayasan Kasih Rumbai Koteka Bagi Anak Putus Sekolah

SORONG,- Kapolda Papua Barat, Daniel Tahi Silitonga melaunching program Yayasan Kasih Rumbai Koteka, guna menuntaskan angka pengangguran di Wilayah Papua Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Sorong Kota, Iptu Priskila Sangkek, yang ditemui media, Rabu (16/11/22).

___

“Ini sebenarnya sudah berlangsung semenjak beliau menjabat sebagai Kapolda Papua Barat, tetapi program ini harus melengkapi legalitas-legalitasnya, dalam artian surat-surat dan lain sebagainya sehingga baru bulan kemarin program telah launching pertama kali di Manokwari,” ungkap Kasat Binmas.

Jelasnya, di Manokwari bernama Yayasan Kasih Rumbai Koteka Manokwari, sementara di Sorong Yayasan Kasih Rumbai Koteka Sorong. Jadi, nama belakang disesuaikan dengan masing-masing daerah.

“Untuk sorong yayasan ini berdiri di 9 titik, pusat kegiatan belajar mengajarnya, tetapi sampai dengan sekarang kita fokuskan pada 5 titik dulu. Dimulai dari Wilayah Sorong Barat, Tanjung Kasuari, Wilayah Sorong Kota, Wilayah Rufei dan Sorong Timur dan Kelurahan Klasaman, nantinya kami fokuskan di masing-masing distrik,” terang Iptu Priskila Sangkek.

Lanjutnya, yayasan ini ada karena mengingat banyak pemuda khususnya anak-anak yang putus sekolah. Ada yang orang tuanya meninggal dan alami keterbatasan biaya, serta dipengaruhi lem aibon. Oleh karenanya, bapak Kapolda berinisiatif dirikan yayasan ini.

“Kami akan kumpulkan kita punya adik-adik, kakak-kakak di Kota Sorong ini yang memang belum lulus atau belum selesai sekolah. Dengan harapan ketika mereka nanti sudah memiliki sertifikat baik paket A,B dan C mungkin dapat mengurangi angka pengangguran. Kedepan setelah mereka memiliki ijazah kualifikasi juga kemampuan mereka bisa bekerja, sehingga hasil yang diharapkan dari Yayasan ini supaya bisa meningkatkan SDM dan daya saing dari pemuda-pemuda Kota Sorong,” tegasnya.

Bebernya, di Sorong sudah ada sekitar 200 siswa yang telah mendaftar dan kelas dimulai dari anak SD SMP sampai dengan SMA. Pesertanya sendiri juga bukan hanya anak-anak, namun banyak para orang tua yang punya keinginan dan merasa belum bisa membaca menulis.

Perlu diketahui juga bahwa hingga saat ini, pihak Binmas terus menghimbau kepada tokoh-tokoh masyarakat agar bersama membantu kepolisian untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang perlu melanjutkan pendidikan.

Tambahnya, untuk dapatkan formulir bisa langsung ke kantor yayasan yang berada disamping Satlantas Polres Sorong Kota. Ada juga disetiap Wilayah Kelurahan, melalui Bhabinkamtibmas yang akan membagikan formulir-formulir pendaftaran. Setelah diisi, dapat dikembalikan dan akan dikumpulkan di Polres yang selanjutnya didaftarkan ke yayasan. (Mewa)

___ ___

Komentar