oleh

IAIN Sorong, Seleksi Mahasiswa Berbakat Guna Mengikuti Poros Intim

SORONG, – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong mengikuti lomba pekan olahraga, riset, dan ornamen seni (poros intim) demi pengembangan bakat mereka yang akan berlangsung di Gorontalo mendatang.

Rusdi Rasyid Selaku wakil rektor I IAIN Sorong yang menangani bidang kemahasiswaan dan kerjasama ditemui disela-sela seleksi di kampus hijau IAIN Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (2/7/21) mengatakan poros intim merupakan kegiatan yang kedua dan merupakan program Kementerian agama khususnya PTKIN yang terdapat di seluruh Indonesia.

“Kegiatan poros intim ini yang kedua kalinya, karena yang pertama telah di laksanakan di UIN Alauddin dan merupakan program dari Kementerian agama khususnya PTKIN di seluruh Indonesia yang di bagi dalam tiga bagian, yakni bagian barat bagian tengah dan bagian timur,” terangnya.

Ditambahkan olehnya bahwa poros intim yang kedua ini masih dalam seleksi untuk menemukan siapa yang berpotensi mewakili IAIN Sorong di Gorontalo.

“Saat ini masih dalam seleksi kira-kira siapa yang paling berpotensi untuk mewakili IAIN Sorong untuk mengikuti lomba di poros intim di Gorontalo,” imbuhnya.

Kegiatan poros intim terdapat 2 cabang lomba, cabang pertama terbagi dalam sepuluh mata lomba yakni, musabaqah tilawati Qur’an, musabaqah makalah Qur’an, musabaqah Sahril Qur’an, hifldztil Qur’an, puitisasi Qur’an, qira’atul Kutub, kaligrafi, debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab dan debat konstitusi.

Kemudian cabang lomba kedua terbagi ke dalam sembilan mata lomba yakni, karya tulis ilmiah ilmu sosial, pendidikan, usuluddin, ekonomi dan bisnis, karya inovasi media pembelajaran, vlog youtube, pop solo, bulu tangkis, tenis meja.

Ia mengatakan kegiatan Poros intim ini terdapat dua pertimbangan yang pertama masalah COVID-19 dan masalah anggaran sehingga hanya disesuaikan dengan situasi serta kondisi.

“Saat ini IAIN Sorong fokus pada pembinaan bakat mahasiswa dengan memanfaatkan unit-unit kegiatan mahasiswa melalui Dema,” terangnya.

Rusdy berharap agar hasil seleksi dapat menentukan mahasiswa terbaik untuk mewakili IAIN Sorong ke Gorontalo.

“Mudah mudahan hasil seleksi ini kita bisa mendapatkan mahasiswa yang terbaik untuk mewakili IAIN Sorong Insya Allah akan dilaksanakan pada awal-awal Agustus di Gorontalo,” harapnya kepada sorongnews.com. (Fatrab)

Komentar