Harga Kedelai Naik, Ukuran Tahu Tempe Diperkecil

SORONG,- Kementerian Perdagangan (kemendag) melaporkan adanya kenaikan harga kacang kedelai, meski demikian kemendag memastikan stok untuk perajin tahu tempe tetap terpenuhi.

Kenaikan harga kacang kedelai membuat sejumlah usaha rumahan tahu tempe di kota Sorong mulai merasakan dampaknya.

___

Akibatnya ukuran tahu tempe terpaksa harus diubah dari ukurannya yang biasa dicetak menjadi ukuran yang sedikit diperkecil agar bisa memperoleh keuntungan.

Arni, salah satu perajin tahu tempe, saat ditemui di rumah produksinya di Kilometer 11 Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (18/2/22) mengatakan bahwa, tahu tempe merupakan makanan pengganti ikan.

“Jika harga kami naikan pasti dagangan kami tidak akan habis terjual, akan tetapi disisi lain kami juga ingin dapat untung untuk tetap bertahan hidup,” ungkapnya.

Untuk kedelai per 5 Kg pada beberapa agen di kota Sorong dijual dengan harga Rp58.000, dibandingkan dengan harga sebelumnya yaitu Rp54.000 per 5 Kg.

Sementara itu sejumlah pengusaha tahu tempe lainnya hanya bisa pasrah dan menerima situasi saat ini, dikarenakan harga kedelai dikhawatirkan akan terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. (Mewa)

___ ___

Komentar