Guyuran Hujan Warnai Peluncuran Tahapan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong

KABUPATEN SORONG, PBD – Guyuran hujan dengan intensitas ringan mewarnai peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Sorong tahun 2024 bertempat di di Alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (4/5/24) malam.

Peluncuran tahapan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong tahun 2024 ditandai dengan menekan secara bersama-sama tobol sirine sebagai tanda peluncuran tahapan Pilkada dimulai.

___

Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sorong yang telah secara bersama-sama menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), hal ini menurutnya terbukti lantaran partisipasi pemilihan di Kabupaten Sorong meningkatkan mencapai 81 persen.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong yang mana sama-sama telah kita menyukseskan Pemilu di tangan 14 Februari 2024 kemarin. Ini terbukti dengan partisipasi memilih di Kabupaten Sorong dari 92.300 sekian, partisipasi 81 persen masyarakat datang untuk menyalurkan hak pilihnya,” ucap Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith.

Dipaparkannya bahwa, pelaksanaan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong nantinya dinilainya bukan semata-mata tanggungjawab dari penyelenggaraan pemilu, namun ini merupakan tanggungjawab bersama yang harus diemban semua pihak.

“Pemilihan Umum Kepala Daerah ini bukan semata-mata menjadi tanggungjawab KPU, namun ini menjadi tanggung jawab kita semua,” ujarnya.

Dirinya berharap, situasi kamtibmas pada Pilleg dan Pilpres pada tanggal 14 Februari 2024 lalu, terus tetap terjaga, demi menjaga kondusifitas di wilayah Kabupaten Sorong.

“Untuk itu, kami berharap situasi yang kemarin kita telah laksanakan penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024 situasi itu kami berharap supaya sama-sama kita menjaga, agar tidak menjadi hal-hal yang setidaknya tidak kita inginkan di wilayah Kabupaten Sorong,” harapnya.

Sementara Itu, Pj Bupati Sorong, Edison Siagian menerangkan bahwa, Pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang harus diselenggarakan secara demokratis melalui partisipasi masyarakat.

“Pemilihan Umum ataupun Pemilihan Kepala Daerah merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara demokratis melalui partisipasi masyarakat, berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” terang Pj Bupati Sorong, Edison Siagian.

Lebih lanjut, dinilainya bahwa, terdapat indeks demokrasi Indonesia, salah satunya dilihat dari tingkat partisipasi pemilih, sehingga dirinya berharap capaian 81 pesen pemilih pada Pileg dan Pilpres di tanggal 14 Februari 2024 lalu harus meningkat pula pada penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sorong pada tanggal 27 November 2024, mendatang.

“Sebetulnya ada indeks demokrasi Indonesia namanya demokrasi Indonesia salah satunya salah adalah tingkat partisipasi dalam Pemilihan Umum ataupun Pemilihan Kepala Daerah, tadi yang disampaikan pak Ketua KPU Kabupaten Sorong indeks pemilih di Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 mencapai 81 persen, ini capaian yang cukup baik, sehingga diharapkan pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sorong pada tanggal 27 November mendatang harus naik, minimal 85 persen, dan ini menjadi target bersama,” pintanya.

Tampak hadir dalam pelaksanaan peluncuran tahapan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong tahun 2024 diantaranya yakni Pj Bupati Sorong Edison Siagian, Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu beserta Komisioner KPU Papua Barat Daya lainnya, sejumlah Komisioner Bawaslu Papua Barat Daya, Ketua KPU Kabupaten Sorong Frengki Duwith beserta Komisioner KPU Kabupaten Sorong lainnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong Agustinus Simson Naa beserta Komisioner Bawaslu Kabupaten Sorong lainnya, Forkompinda lingkup Pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya, Forkompinda lingkup Pemerintahan Kabupaten Sorong, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan hingga tamu undangan lainnya yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut. (Jharu)

___ ___

Komentar