Edison Siagian Resmi Duduki Kursi Hangat Pj Bupati Sorong

KABUPATEN SORONG, PBD – Edison Siagian resmi dilantik sebagai Pj Bupati Sorong oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad bertempat di Aimas Hotel and Convention Centre, Kabupaten Sorong, Kamis (4/4/24).

Diketahui, Edison Siagian merupakan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan I pada Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Pelaksanaan pelantikan Pj Bupati Sorong itu berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian.

Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad menuturkan bahwa, Edison Siagian diketahui selama ini dipercayakan menjabat sebagai Pj Sekda Papua Barat Daya, namun saat ini diberikan mandat baru sebagai Pj Bupati Sorong.

Pada kesempatan yang sama, Musaad menyampaikan bahwa, Pj Bupati Sorong Edison Siagian diberikan tiga tugas penting yang harus diselesaikan olehnya.

“Pertama, Pj Bupati Sorong harus melakukan konsolidasi dan koordinasi terhadap berbagai pihak di lingkungan eksternal maupun internal,” ujarnya.

Disambungnya, kedua, dirinya meminta agar Pj Bupati Sorong harus segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan juga dengan anggota DPRD dalam upaya menyelesaikan permasalahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Sorong.

Lanjutnya, ketiga, dirinya menginginkan Pj Bupati Sorong Edison Siagian dapat mempersiapkan pemilihan anggota DPRK dan DPRP serta menyiapkan pelaksanaan agenda penting Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong 2024.

“Bapak Edison saya berharap semoga tanggung jawab yang diamanahkan hari ini bisa dijalankan dengan baik, dengan cara membangun konsolidasi dengan berbagai pihak, sehingga roda pemerintahan ini bisa berjalan maksimal,” harapnya.

Ditambahkannya, dilain sisi, menurutnya Plh Bupati Sorong, Cliff Agus Yapsenang sebelumnya telah menjalankan tugas-tugas kepala daerah dengan begitu baik.

“Walau dengan penuh keterbatasan terkait regulasi dan sebagainya, namun bapak Sekda Kabupaten Sorong sudah melaksanakan tugas kepala daerah dengan baik sebagai Plh Bupati, yakni dengan proses-proses APBD dan tahapan-tahapannya sudah berjalan dengan baik, ini sudah diakhir, mudah-mudahan ini bisa menjadi sesuatu yang berarti untuk dilanjutkan oleh pak Edison Siagian,” ucapnya. (Jharu)

___

Komentar