Deputi BNPB Serahkan Bantuan Keluarga Korban MD Akibat Longsor dan Ribuan Paket Senilai Ratusan Juta Korban Banjir

SORONG,- Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB melakukan pendampingan atas pelaksanaan pekerjaan BPBD Kota Sorong dalam penanganan kepada korban pengungsian akibat banjir melalui rapat yang berlangsung di Kantor Walikota, Jumat (26/8/22).

Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB, Fajar Setyawan, saat ditemui media mengatakan kunjungan ini sekaligus memantau para pengungsi dan melihat bagaimana pemenuhan kebutuhan dasar serta memberikan bantuan dana terhadap keluarga korban tanah longsor yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia.

___

“Jadi hari ini sesuai arahan pimpinan kami, bahwa santunan bagi yang meninggal nilainya adalah 10 juta rupiah memang tidak seberapa akan tetapi kita berharap bahwa bantuan tersebut bisa meringankan beban keluarga almarhum yang ditinggalkannya, sedangkan bantuan 200 juta rupiah itu dalam bentuk makanan yang bisa langsung diberikan pada pengungsi dengan peralatan berupa selimut dan terpal,” ungkap Deputi III BNPB.

Selain itu pihaknya juga meninjau secara langsung kebutuhan dasar yakni makanan harus terjamin kesehatannya tempat tinggal yang layak perlindungan kepada kelompok rentan baik ibu hamil, balita, lansia maupun kelompok disabilitas, selebihnya Ia langsung survei kelapangan atas dampak bencana banjir dan tanah longsor.

Ditambahkannya, beberapa sudah dilihat dan sudah bisa diprediksikan penyebab bencana tersebut, lebih dari itu pos komando yang sudah dijalankan oleh BPBD Kota Sorong tentu sangat bagus sehingga penanganan cukup cepat teratasi.

Sementara itu, ada juga bantuan dana sebesar 250 juta rupiah itu merupakan dana siap pakai untuk operasional bencana yang dikomandani oleh BPBD Sorong berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta Unsur terkait dalam rangka penanganan banjir dan tanah longsor.

“Saya berharap ke depan kita akan menjadi supermaket bencana dimana kita itu harus berdamai dengan bencana melalui cara-cara yang cerdas, harus bisa menyelamatkan diri atas bencana yang kemudian akan terjadi,” imbuhnya.

Sehingga Ia mengatakan sangat perlu kiranya edukasi terkait kepada masyarakat bagaimana menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi semua itu sebagai bentuk upaya dari keselamatan dari bencana.

Pemberian santunan tersebut disaksikan dan diserahkan langsung Pj Wali Kota Sorong, George Yarangga dan Plt Sekda Kota Sorong, Karel Gefilem. (Mewa)

___ ___

Komentar