Dendang Sahur Nabi Yusuf hingga Siti Fatimah, Tradisi Unik dan Menarik Bangunkan Warga Sahur di Sorong

SORONG, PBD – Di bulan suci Ramadhan, tradisi membangunkan sahur masih kerap melekat dan dilaksanakan dibeberapa daerah di tanah air, salah satunya terlaksana di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Hal ini pun dilaksanakan secara unik dan menarik oleh Pemuda Muslim Melati Raya (PMMR) Kota Sorong dengan menggelar dendang sahur disejumlah titik di Ibukota Provinsi termuda di Indonesia itu.

___

Pantauan wartawan Sorongnews.com Rabu (20/3/24) dini hari, dengan menggunakan sejumlah peralatan sederhana diantaranya tambourine, gendang serta gitar, sekelompok Pemuda Muslim Melati Raya bernyanyi bersama tepat di depan Masjid Nurul Bahri, Klademak 2 Pantai, dengan penuh enerjik.

Menariknya lagi, sekelompok pemuda itu mengenakan pakaian serba putih dibaluti dengan kain sorban arab di kepala dan di bahu mereka. Tak hanya itu, saat menyanyi, mereka terlihat kompak sesekali menyalakan blits handphone dari genggaman tangan mereka masing-masing.

Terdengar, sekelompok pemuda itu terlihat begitu antusias dan semangat menyanyikan bersama-sama lagu yang viral di tiktok yakni dendang sahur Nabi Yusuf, Siti Fatimah hingga syair-syair Islami lainnya yang mampu mencuri perhatian masyarakat.

Bahkan diketahui yang begitu spesial dan bikin menyejukkan hati dari dendang sahur itu lagunya atau syairnya dipenuhi dengan sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat.

Terlihat, dari penampilan dendang sahur di lokasi itu, banyak masyarakat yang terlihat beramai-ramai keluar rumah untuk menyaksikan dendang sahur yang disajikan, bahkan terdapat sejumlah masyarakat terlihat tak ingin ketinggalan mengabadikan moment dengan mengambil vidio dendang sahur tersebut.

Penampilan sekelompok Pemuda Muslim Melati Raya sontak mampu menghilangkan rasa ngantuk yang melanda masyarakat sekitar.

Penampilan yang telah disajikan ini kemudian menjadi pertunjukan unik dan menarik sebelum masyarakat kembali ke dalam rumah masing-masing untuk menyantap hidangan sahur, guna mempersiapkan diri dalam menjalankan rangkaian ibadah puasa.

Koordinator Pemuda Muslim Melati Raya, Usman Ahmad Notanubun mengatakan, pelaksanaan dendang sahur di bulan suci Ramadhan 1445 H ini merupakan tahun kedua dalam pelaksanaannya di bulan penuh berkah dan ampunan.

“Agenda ini memang sudah kita jalan dari tahun 2023 kemarin, namun ada beberapa Masjid dan tempat yang belum kita kunjungi, maka tong coba kunjungi kemari, karena permintaan ditahun kemarin,” kata Koordinator PMMR Kota Sorong, Usman Ahmad Notanubun saat ditemui Sorongnews.com usai menggelar dendang sahur di depan Masjid Nurul Bahri, Klademak 2 Pantai, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (20/3/24) dini hari.

Dibeberkannya bahwa, pelaksanaan dendang sahur ini dilaksanakan disejumlah Masjid dan titik yang telah dijadwalkan pihaknya, berlandaskan permintaan masyarakat sendiri maupun inisiatif pihaknya.

“Kadang ada yang minta, kadang kita juga tentukan, biasanya kita ambil dari posisi kilo turun kebawah, karena malam ini ada teman-teman dari Klademak minta, makanya kita langsung menuju kesini,” bebernya.

Diakuinya, dendang sahur akan terus disajikan pihaknya selama waktu sahur di Ibukota Provinsi Papua Barat Daya.

“Iya, InsyaAllah kalau tidak ada halangan, tiap malam menjelang sahur pasti kita mencoba untuk bangunkan sahur, tetapi kalau memang ada berhalangan, biasanya jeda satu dua hari,” tandasnya.

Lebih lanjut, dirinya blak-blakan menyajikan beberapa lagu yang viral di tiktok yakni dendang sahur Nabi Yusuf, Siti Fatimah hingga syair-syair Islami lainnya.

“Nyanyian dan syair lagu lantunan sahur yang sudah viral, teman-teman di Ambon juga sudah menviralkan barang ini. Makanya kita coba untuk menghibur lagi di Kota Sorong sini,” ujar Pria Asal Maluku Tenggara itu.

Pada kesempatan yang sama, diakuinya, selain menampilkan dendang sahur, pihaknya kerap melaksanakan penampilan spektakuler samra modern dan hadrah.

“Selain dendang sahur, kami juga menampilkan samra modern dan hadrah, cuma karena waktu tadi maunya kita tampilkan samra, tetapi kepepet waktu imsak, makanya kita harus selesai disini,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan penampilan dendang sahur, dapat menjadi motivasi kelompok pemuda lainnya di Kota Sorong untuk bersama-sama menambah amal ibadah di bulan puasa ini, sehingga menuai manfaat luar biasa.

“Saya sangat berharap untuk teman-teman di kompleks-kompleks lain, pemuda di wilayah lain seperti ini. Marilah kita di bulan suci ini kita coba untuk menambah amal ibadah kita, mungkin dengan cara begini, ini hal yang simpel, tetapi manfaatnya luar biasa, saya harap teman-teman yang lain bisa ikut bergabung,” harapnya.

Untuk lebih lengkapnya, dapat menyaksikan pelaksanaan dendang sahur di depan Masjid Nurul Bahri Klademak 2 Pantai dapat menyaksikan siaran ulang di Instagram Sorongnews.com dengan link berikut ini :

https://www.instagram.com/tv/C4tNA7vy8ly/?igsh=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan Sorongnews.com masih melakukan pemantauan terkait hal unik dan menarik lainnya selama bulan suci Ramadhan 1445 H yang dapat disiarkan eksklusif di Instagram Sorongnews.com. (Jharu)

___ ___

Komentar