Dari Tahsimara, Pj. Bupati dan Kasdam Kasuari Vicon Bersama Wapres

MAYBRAT, PBD- Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga serta rombongan melaksanakan Vidio Conference (Vicon) sama Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin di lokasi pertanian di Kampung Tahsimara Distrik Aifat Timur Tengah Kabupaten Maybrat Papua Barat Daya, Rabu (1/11/23).

Vicon ini terlaksana dalam rangka mendukung juga mengevaluasi program Gerakan Nasional Ketahanan Pangan di tahun 2023. Program ini kolaborasi Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Untuk mendukung, Kementan melalui Dinas Pertanian Maybrat, menyerahkan bibit jagung juga alat pertanian secara langsung terhadap masyarakat setempat.

___ __

Mengawali sambutannya, Pj. Bupati, Bernhard E. Rondonuwu sampaikan ucapan terimakasih ke Kasdam XVIII/Kasuari dan Kasrem 181/PVT. Dia mengaku pihaknya akan konsisten siapkan ketahanan pangan baik dinas pertanian, dinas terkait lainnya dan masyarakat lebih khusus di wilayah Aifat Timur Raya.

“Masyarakat di Aifat Timur sangat mendukung dan bahu membahu dengan program prioritas pemerintah utamanya tekan laju inflasi daerah di Maybrat. Pada sekitar sungai Kamundan ini, kita akan bertahap mulai untuk membuka dan membuka lahan pertanian”, jelas Rondonuwu saat ditemui awak media.

Dikatakannya, Pemkab bersama masyarakat dan tokoh-tokoh komitmen akan terus untuk membangun Maybrat lebih baik. Yang terjadi di setiap proses, dianggap sebagai dinamika pembangunan. Adanya dukungan keamanan dari TNI – Polri, Pemkab akan terus wujudkan perbaikan serta pembangunan di Aifat Timur sebagaimana mestinya.

Di dalam Vicon ini, Kasdam, Yusuf Ragainaga menambahkan, wilayah Kodam Kasuari sudah siapkan lahan sekitar 227 hektare mendukung program ketahanan pangan. Lahan itu, ada di Papua Barat serta Papua Barat Daya. Dimana, lokasi yang produktif ada sekitar 176 hektare. Khusus Maybrat, dari 8 hektare ada 2 hektare produktif ditanam padi dan jagung.

“Diperkirakan akhir Januari 2024 nanti sudah panen. Saya juga berpesan untuk masyarakat agar sama-sama merubah pola pikir untuk kelangsungan hidup keluarga. Tidak hanya itu, kita juga bersama-sama membangun Maybrat yang sudah aman dan tentram sekarang ini”, tutupnya. (Valdo)

___ __ ___

Komentar