Satlantas Polresta Manokwari Gelar Teguran Simpatik Minimalisir Laka Lantas

MANOKWARI, PAPUA BARAT – Sat Lantas Polresta Manokwari melaksanakan teguran simpatik peningkatan disiplin berlalulintas khusus pengguna knalpot serta pelanggaran berpotensi kecelakaan lalulintas di jalan Drs Esau Sesa depan kantor Dekranasda Kabupaten Manokwari, Kamis (1/2/24).

Kasat Lantas Polresta Manokwari AKP Subhan Ohoimas usai penertiban mengatakan kegiatan yang dilaksanakan adalah teguran simpatik peningkatan disiplin berlalulintas khususnya pengguna knalpot yang berpotensi kecelakaan.

___ ___ ___ ___

Sambungnya, sampai dengan 2 (dua) pekan penindakan pelanggaran penggunaan knalpot racing, Satlantas Polresta Manokwari telah mengamankan 53 knalpot tidak sesuai Spesifikasi.

“Penindakan penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi, kami minta untuk diganti dengan knalpot standar pabrikan,” tegas Kasatlantas.

Dalam kegiatan ini juga personil lalu lintas melaksanakan kegiatan Public address berupa himbauan tertib lalu lintas agar setiap pengguna jalan dapat mematuhi tata tertib lalu lintas. Selalu menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, tidak dipengaruhi minuman beralkohol saat mengendarai kendaraan, tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis laik jalan dan menjadikan ruang jalan raya sebagai ruang yang aman buat semua pengguna jalan.

“Kami melaksanakan kegiatan teguran simpatik kepada pelanggaran lalu lintas yang masih dapat ditoleransi dan diberikan teguran lisan sebanyak 35 (tiga puluh lima) pelanggaran. Adapun pelanggaran tersebut adalah penggunaan safety belt dan penggunaan kaca spion untuk sepeda motor. Kami juga memberikan penindakan berupa Tilang kepada pelanggaran lalu lintas sebanyak 6 (enam) orang dengan pelanggaran berupa, tiga pengendara tidak memakai helem saat berkendara, dua pengendara memakai kenalpot racing dan satu pengendara tidak memiliki kelengkapan surat-surat TNKB dan STNK,” ungkap Kasatlantas.

Seluruh rangkaian kegiatan peningkatan disiplin berlalu lintas dapat berjalan dalam keadaan aman dan lancar, kegiatan dipimpin langsung oleh KBO Polresta Manokwari IPTU Ismail, IPDA Rochmad, IPDA Lafit dan 15 Anggota Satlantas. (Rolly)

___ __

Komentar