Cipayung Plus, BEM dan Ormas se PB dan PBD Deklarasi Pemilu Damai, Ini Bunyinya

SORONG, PBD – Organisasi Mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) se-Papua Barat dan Papua Barat Daya menggelar deklarasi pemilu damai bertempat di Taman Sorong City, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu Sore (7/2/24).

Pembacaan deklarasi pemilu damai itu dipimpin langsung oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Sorong Raya, Asrul Kubal dan diikuti oleh seluruh peserta deklarasi.

Ketua HMI-MPO Cabang Sorong Raya, Asrul Kubal mengatakan bahwa, pelaksanaan deklarasi pemilu damai ini diikuti organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus. Tak hanya itu, sejumlah pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus se-Papua Barat dan Papua Barat Daya dan sejumlah ormas turut ambil bagian dalam menyerukan deklarasi pemilu damai.

“Ini diikuti organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus, ada juga dari BEM kampus dan ormas yang ikut ambil bagian dalam deklarasi pemilu damai kali ini,” ucap Ketua HMI-MPO Cabang Sorong Raya, Asrul Kubal, Rabu Sore (7/2/24).

Ketua HMI-MPO Cabang Sorong, Asrul Kubal 

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa, deklarasi ini berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan pesta demokrasi yang damai hingga meminta lembaga penyelenggara dan institusi pemerintahan agar tetap netral.

Menurutnya, banyak pengurus organisasi yang terjun kedalam lembaga penyelenggara pemilu, sehingga pihaknya meminta agar tetap netral, guna menjaga demokrasi senantiasa dinamis kedepannya.

“Banyak teman-teman pengurus organisasi yang terlibat dalam penyelenggara Pemilu dari KPU sampai KPPS, sehingga kami minta untuk tetap netral, guna menjaga demokrasi kita ini agar tetap dinamis,” bebernya.

Ditambahkannya, banyak alumni dan senior disejumlah organisasi kemahasiswaan yang terjun kedalam pertarungan politik, salah satunya alumni dan senior HMI, sehingga dirinya meminta kepada seluruh pengurus mahasiswa untuk menjaga jarak dan tidak memberikan dukungan secara resmi serta terang-terangan.

“Banyak alumni dan senior disejumlah organisasi yang terjun kedalam pesta demokrasi, kalau di HMI banyak alumni dan senior yang bertarung, sehingga kami dari HMI meminta kader untuk menjaga jarak dan tidak memberikan dukungan resmi kepada alumni dan senior yang bertarung dalam pesta demokrasi ini,” pintanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, berikut media ini menghimpun bunyi Deklarasi Pemilu Damai yang telah diserukan Cipayung Plus, BEM dan Ormas se-Papua Barat dan Papua Barat Daya, yakni sebagai berikut:

1. Mendukung Pemilu Damai

2. Menolak segala bentuk provokasi

3. Menolak politik identitas.

4. Menjaga situasi kamtibmas di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya

5. Meminta lembaga penyelenggara dan institusi pemerintahan tetap netral. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar