oleh

BPBD Kota Sorong Raih Penghargaan Nasional

SORONG, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong mendapat penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan dari BNPB kepada BPBD Kota Sorong, dilakukan secara virtual, di ruang Anggrek kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Rabu sore (10/3/21).

Kepala BPBD Kota Sorong Herlin Sasabone mengungkapkan rasa haru dan kebahagiaannya usai pemberian penghargaan dari BNPB tersebut. Ia mengatakan bahwa penghargaan kepada BPBD Kota Sorong atas kinerja dan sinergitas dalam penanggulangan bencana selama tahun 2020 khususnya dalam penanggulangan bencana non alam yaitu Covid-19.

“Kalau bicara tentang sinergitas dan kinerja, yang berarti ada komunikasi dan koordinasi serta kerjasama yang baik yang dilakukan dalam upaya penanggulangan bencana tentunya dengan berbagai pihak. Seperti TNI, Polri, OPD terkait, instansi vertikal dan juga media,” terangnya.

Menurut Herlin, penghargaan yang diterima BPBD Kota Sorong berkat kontribusi dari semua mitra kerja, yang terlibat dalam penanggulangan bencana. Penghargaan ini, katanya, merupakan yang pertama kali diterima oleh Pemerintah Kota Sorong.

Ditambahkan olehnya bahwa sebenarnya dalam pelaksanaan tugas, BPBD Kota Sorong banyak mengalami kendala dan keterbatasan seperti sumber daya manusia (SDM) dan peralatan.

“Tapi kita bersyukur karena adanya sinergitas dan kerjasama yang baik bersama dengan mitra kerja yang ada, sehingga kekurangan yang ada di BPBD bisa tertutupi. Misalnya peralatan kita selama ini di support dengan baik oleh Basarnas dan SDM kita dapat bantuan banyak dari TNI-Polri dan mitra kerja lainnya. Apalagi awal tahun 2021, kita sudah melakukan rapat dan gelar kesiap siagaan bencana. Disitu kita bisa mengukur sejauh mana kesiapan kita dalam penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Herlin berharap penghargaan yang diperoleh, dapat memacu lebih baik lagi kinerja dan koordinasi yang dilakukan BPBD Kota Sorong kedepan. (Oke)

Komentar