oleh

Begini Kisah Pertamina RU VII Kasim Bawa Anak Dhuafa Belanja Baju Lebaran Di Mall Sorong

SORONG, – Sekitar pukul 09.00 WIT, sejumlah anak berpakaian terbaik terlihat ceria dan bahagia saat berkumpul di kantor Pertamina Kilang Kasim RU VII Distrik Seget, Kabupaten Sorong. Hari ini, Rabu (20/4/22) mereka akan mengunjungi salah satu Mall terbesar di Kota Sorong untuk berbelanja baju dan sepatu untuk persiapan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menempuh perjalanan darat sekitar 3,5 jam dengan rute jalanan yang tidak mudah akibat sebagian jalan yang masih berlapiskan tanah dan lumpur, tidak menyurutkan semangat anak-anak usia sekolah tersebut. Didampingi sejumlah pegawai Pertamina RU VII Kasim, mereka yang masih tetap berpuasa itu tiba di Mall Sorong sekitar pukul 14.00 WIT.

Setibanya di Mall Sorong, 21 anak ini kemudian dibagi kedalam kelompok kecil yang akan didampingi sejumlah Om-Om Pertamina. Wajah takjub melihat bangunan megah berlantai empat, satu per satu Mereka memasuki Mall Sorong. Saat hendak menuju lantai ketiga untuk berbelanja sepatu dan sandal, wajah Ceria mereka berubah khawatir dan cemas saat hendak menaiki tangga berjalan atau eskalator.

Om-Om Pertamina pun dengan sigap menggandeng satu persatu anak-anak yang ketakutan menaiki tangga yang baru pertama mereka lihat itu. Beruntung, salah satu pegawai Mall Sorong dengan cepat mematikan eskalator sehingga semua anak menaiki tangga secara manual.

“Alhamdulillah,” sebut salah satu anak sambil berlari berhambur bersama teman-temannya menuju rak-rak sepatu dan sandal yang tersusun rapi.

Usai menemukan pilihan mereka, mereka pun dengan tertib mengantre di Kasir untuk membawa pulang masing-masing hasil belanjaan mereka.

Tak cukup berbelanja sandal dan sepatu, Om-Om Pertamina ini pun mengajak mereka kelantai satu untuk berbelanja baju lebaran. Wajah senang bercampur bahagia pun tersirat jelas diwajah mereka. Meski bingung harus memilih yang mana, mereka pun berhasil membawa pakaian lebaran setelah dibantu sejumlah pramuniaga.

“Ini baru pertama kesini, Senang sekali bisa tahu namanya Mall. Tadi saya beli sepatu sekolah yang juga bisa dipakai nanti buat lebaran. Terima kasih Om-Om Pertamina,” ujar Riswan dengan mata berbinar.

Salah satu pendamping anak Yatim dan Dhuafa, Bisabri Zulkarnain Djuma mengatakan bahwa kegiatan Sebaran ini merupakan program Pertamina Persero yang dilaksanakan serentak di 21 Kota di Seluruh Indonesia termasuk di Sorong.

“Sesuai target dan budget, kami mengajak 21 orang anak dari Kampung Klayas dan Seget. Dimana kami pulang pergi menggunakan jalur darat dan kami juga siapkan menu berbuka, nanti akan berbuka ditengah jalan karena jalan yang ditempuh sekitar 150 kilo meter,” terang Bisabri yang juga merupakan pengurus Dakwah Kerohanian Islam Pertamina RU VII Kasim.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations, & CSR Refinery Unit VII Kasim Subholding Refining & Petrochemical
PT Kilang Pertamina Internasional, Dodi Yapsenang dalam keterangannya mengatakan bahwa Program Sebaran merupakan semangat berbagi lebaran oleh seluruh pekerja pertamina secara sukarela kepada anak-anak kaum dhuafa dan yatim piatu.

“Maksud dan tujuannya agar anak-anak ini bisa merasakan juga saat-saat bulan istimewa seperti ini mereka bisa merasakan arti dari Ramadhan ini. Dimana perwira pertiwi Pertamina mengajak mereka ke Mall yang ada di Kota Sorong untuk berbelanja kebutuhan lebaran mereka dan bisa merasakan arti dari SEBARAN ini,” ujar Dodi.

Ia berharap dengan program ini agar mereka punya cerita tersendiri bisa berbelanja, bisa merasakan arti keberadaan perusahaan dan bisa mendoakan seluruh perwira pertiwi Pertamina untuk tetap bersemangat menyiapkan energi bagi negeri tanpa lelah dan dan tetap semangat dan penuh barokah.

“Terima kasih Pertamina,” seru anak-anak sambil mengangkat masing-masing tas belanjaan mereka sebelum mereka kembali menelusuri jalanan Sorong-Seget dan tak sabar menceritakan pengalaman mereka hari ini kepada orang tua, keluarga dan teman-teman mereka di kampung. (Oke)

Komentar