Asisten III Sekda Papua Selatan Buka Bimtek Simfoni PPA V.2, Tingkatkan Kualitas Pelaporan Data Kekerasan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Asisten III Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Selatan, Dionisius Way membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) Simfoni Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) versi 2.0 (V.2) lingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan disalah satu Hotel Merauke, Senin (18/12/23).

Pantauan Sorongnews.com bimtek simfoni PPA V.2 dihadiri Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Selatan, Samuel Raymundus Kamarka dengan peserta admin aplikasi dari operator simfoni Provinsi Papua Selatan dan 4 Pemerintah Kabupaten meliputi Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat.

Asisten III Sekda Provinsi Papua Selatan, Dionisius Way dalam sambutannya menekankan, bimtek simfoni V.2 lingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan harus diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan hanya honorer yang berperan sebagai admin aplikasi dari operator simfoni.

Dengan demikian, ASN pun tahu persis dengan pengoperasian pencatatan dan pelaporan data simfoni dimasing-masing instansi teknis.

Terlebih admin aplikasi dari operator simfoni harus banyak berkomunikasi dengan tingkat pusat sehingga data riil meningkat atau menurun terupdate dan mendapat perhatian serius pemerintah pusat.

“Tujuan bimtek ini untuk mendukung terwujudnya ketersediaan dan peningkatan kualitas pencatatan dan pelaporan data kekerasan melalui sistem informasi online PPA, maka diperlukan peningkatan kapasitas penyelenggaraan pada aplikasi,” tutur Dionisius Way.

Dia menjelaskan, Provinsi Papua Selatan merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) sehingga harus dibenahi, melengkapi dan memindahkan pelaporan dari Provinsi Papua ke Provinsi Papua Selatan.

“Saya berharap, dengan diadakannya kegiatan bimtek tentang simfoni di Provinsi Papua Selatan baik penanggungjawab dan admin aplikasi pada masing-masing kabupaten dapat melaporkan data kekerasannya melalui aplikasi simfoni dengan tetap menjaga kerahasiaan data dimaksud,” lugasnya.

Dionisius Way juga mengingatkan, 4 kabupaten di Provinsi Papua Selatan tetap melaporkan data kekerasannya dengan tepat waktu.

“Semoga bimtek simfoni tingkat Provinsi Papua Selatan ini dapat terlaksana dengan baik dan 4 kabupaten dapat melaporkan data kekerasan perempuan dan anak secara berkelanjutan, dapat bertanggungjawab serta bekerjasama untuk berbuat dengan segala daya dan upaya demi kesetaraan, keadilan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat,” tandas Asisten III Sekda PPS.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia bimtek simfoni PPA V.2 lingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan, Ancelina K Ukarop melalui staf, Umi Nurul Noerzana mengungkapkan, bimtek berlangsung selama dua hari 18-19 Desember 2023.

Menghadirkan narasumber dari Dirjen Data dan Informasi Kementrian PPA. Adapun peserta kegiatan meliputi penanggungjawab penyelenggara aplikasi/admin aplikasi dari operator simfoni Provinsi Papua Selatan dan 4 kabupaten. Diantaranya, admin data simfoni dinsos, Dukcapil Provinsi Papua dan undangan dari Kepolisian (Unit PPA), RSUD, Dinkes, Bapas. (Hidayatillah)

___

Komentar