Asisten I Sekda PPS Buka Sosialisasi Administrasi Kepala Daerah dan DPRD se-Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Asisten I Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Selatan (PPS), Agustinus Joko Guritno membuka kegiatan sosialisasi administrasi kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se – Provinsi Papua Papua Selatan di Hotel Care Inn Merauke, Kamis (23/11/23).

Pantauan Sorongnews.com kegiatan yang digelar Biro Pemerintahan Otonomi Khusus (Otsus) dan Kesejahteraan Rakyat PPS ini menghadirkan pemateri Direktur Fasilitasi kepala daerah dan DPRD Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Andi Bataralifu diwakili Ortala, Yosep Balthasar Suni dan Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemendagri, Evan Nur Setya Hadi.

___ __

Tampak hadir Wakil Bupati Boven Digoel, Lexi Romel Wagiu.

Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra PPS, Agustinus Joko Guritno dalam sambutannya menuturkan, tujuan sosialisasi tersebut untuk mewujudkan koordinasi yang baik dan pemahaman bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang melaksanakan pelayanan administrasi kepala daerah dan DPRD ditingkat provinsi hingga kabupaten.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta memperkenalkan Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Diharapkan, Tahun 2024 dapat terwujud dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan administrasi kepala daerah dan DPRD Provinsi Papua Selatan sebagai bentuk komitmen bersama antara pemerintah provinsi dan kabupaten lingkup Provinsi Papua Selatan,” ungkap ASN penerima lencana karyasatya 30 tahun dari Presiden RI.

Menurut Agustinus Joko Guritno, melalui sosialisasi administrasi kepala daerah dan DPRD lebih memperjelas seluruh proses administrasi kepala daerah dan DPRD dilingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan.

Terlebih Tahun 2024 akan memasuki pesta demokrasi pemilu yaitu Pilpres, pileg dan pilkada sehingga pihaknya mengapresiasi berbagai pihak.

“Dikesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada kepala daerah dalam hal ini para bupati, wakil bupati yang sampai kini bisa menjaga kondisi wilayah masing-masing tetap kondusif dan terkendali,” ucapnya.

“Saya juga mengapresiasi aparat keamanan yang bekerja keras menjaga stabilitas kamtibmas ditengah-tengah masyarakat. Kondisi ini dapat terjaga sampai pelaksanaan pesta demokrasi nantinya,” imbuh Asisten I Sekda PPS.

Ia berpesan kepada aparatur pemerintah ditingkat provinsi maupun kabupaten mulai dari pengambil kebijakan yaitu bupati dan wakil bupati, aparatur teknis, pimpinan OPD agar bisa menjalankan tugasnya sesuai peraturan perundang-undangan sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang terbaik kepada masyarakat dan bertanggungjawab.

“Harapan kita semua bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Komitmen kerja keras bersama membangun Provinsi Papua Selatan bisa terasa sampai ke seluruh pelosok lapisan masyarakat yang mendiami Papua Selatan,” tandas Agustinus Joko Guritno.

Dikesempatan yang sama, Kepala Biro Pemerintahan Otsus dan Kesejahteraan Rakyat PPS, Karmin Eko E Wador diwakili Steven Mahuze menjelaskan, peserta sosialisasi meliputi pimpinan sementara Majelis Rakyat Papua (MRP) PPS, kepala perangkat daerah dan kabiro PPS, dan seluruh stakeholder pelaksana pelayanan administrasi kepala daerah dan DPRD, kabag 4 kabupaten di PPS yaitu Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat. (Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar