oleh

APTISI Papua Serahkan Rekomendasi, Berharap Pemda ‘Investasi’ di 66 PTS

SORONG, – Wakil Ketua I Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah Papua, Dr. Marthen Sagrim menyerahkan sejumlah rekomendasi hasil Rapat Kerja APTISI kepada Wakil Ketua DPR Provinsi Papua, Eduardus Kaise di Jayapura, Papua, Sabty (27/3/21).

Kepada redaksi, Marthen Sagrim melalui saluran telepon mengatakan bahwa rekomendasi yang diberikan mewakili seluruh peserta Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PTS se Papua di Jayapura yang dilaksanakan sejak Kamis (25/3) hingga Sabtu (27/3).

Ia mengatakan bahwa hasil rekomendasi tersebut salah satunya meminta dukungan pemerintah baik legislatif maupun eksekutif untuk melakukan ‘investasi’ berupa peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Papua terutama di 66 PTS baik melalui penganggaran maupun sarana dan prasarana pendidikan.

“Dari 66 PTS di tanah Papua, selalu mempertanyakan, dimana keberpihakan pemerintah terhadap Perguruan Tinggi Swasta. Padahal dalam berbagai regulasi, baik UUD 1945, UU Otonomi khusus, Permendikbud, Pergub, semuanya sudah termuat untuk alokasi pendidikan. Namun belum sepenuhnya ditindaklanjuti oleh pemerintah dalam kemajuan PTS di tanah Papua, sebagai pencetak agen perubahan di Papua,” terang Sagrim.

Ia berharap dengan kepedulian pemerintah dalam kemajuan pendidikan dengan menginvestasikan dana pendidikan ke PTS, maka PTS di Papua akan optimis menjadi PTS terbaik di tanah Papua.

“Investasinya itu jangka panjang, yaitu menciptakan generasi Papua, Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Tidak perlu lagi berkuliah di luar Papua. Kalau PTS di Papua secara kualitas sama dengan di luar Papua,” imbuhnya. (Oke)

Komentar