96 Persen Masyarakat Kota Sorong Tercatat Sebagai Peserta JKN

SORONG, – Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pemerintah Kota Sorong bersama BPJS Kesehatan melaunching Inpres tersebut secara hybrid, yang bertempat di Ruang Anggrek, Kamis (3/4/22).

Kegiatan yang dihadiri dan diikuti oleh Forkopimda Kota Sorong tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan program JKN-KIS dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam beleid tersebut, 30 Kementerian atau Lembaga termasuk pemerintah daerah sesuai fungsinya diberi amanat khusus untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) termasuk mendorong seluruh warganya agar terdaftar sebagai peserta JKN.

Ambar Pramanas, Kepala Bidang Kepersertaan dan Pelayanan Peserta BPJS cabang Sorong, saat ditemui insan pers mengatakan, Presiden menargetkan agar program JKN sampai 2024 nantinya, sudah harus mencapai 80% kepesertaan, dengan begitu lahirlah Inpres No. 1 tahun 2022, supaya semua kementerian bekerjasama untuk meningkatkan kepesertaan JKN.

“Kota sorong sampai Februari 2022 ini sudah 96% tercatat sebagai peserta JKN dari beberapa segmen antara lain perserta mandiri, penerima bantuan, PNS daerah/pusat, TNI-Polri¬† dan lainya,” ujar Pramanas.

Dirinya berharap, masyarakat dapat mensuport program optimalisasi kepesertaan JKN dengan ikutserta menjadi peserta JKN. (Meiwa)

____

Komentar