8 Bulan, Satnarkoba Polres Manokwari Berhasil Ungkap 18 Kasus Narkoba

MANOKWARI,- Terhitung sejak bulan Januari hingga Bulan Agustus, Sat Narkoba Polres Manokwari berhasil mengungkap dan menangani 18 kasus Narkoba.

Kasat Narkoba Polres Manokwari Ipda Jhon Haulusy mengatakan, selama menjabat di Sat Narkoba Polres Manokwari, mereka sudah berhasil mengungkap kasus Narkoba dari Januari hingga Agustus sebanyak 18 kasus yaitu kategori ganja 10 kasus dan sabu-sabu 8 kasus.

“Target kami dalam satu tahun harus mencapai 21 kasus narkoba yang harus diungkap namun dari Januari hingga Agustus baru mencapai 18 kasus. Kami tetap Optimis bersama KBO dan seluruh tim Sat Narkoba Polres Manokwari agar sebelum bulan Desember target kami sudah terpenuhi untuk total 21 kasus,” ungkapnya kepada sorongnews.com di Manokwari, Papua Barat, Selasa (6/8/22).

Ditambahkan olehnya bahwa dari 18 kasus yang ditangani, 15 kasus sudah masuk P21 dan sudah dilimpahkan ke tahap 2 di kejaksaan Negeri Manokwari. Sedakan 3 kasus masih dalam proses penyelidikan berjalan sambil menunggu kelengkapan-kelengkapan P21.

“18 kasus sudah dilimpahkan semua dipimpin oleh KBO Narkoba Polres Manokwari Ipda Thomas Sabon. Dimana 18 kasus narkoba yang kami tangkap rata-rata masuk jaringan pengedar,” terang Jhon.

Terkait masalah pencegahan di luar, Satnarkoba juga telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melakukan tes urin di berbagai tempat hiburan malam di Manokwari sebanyak 8 kali dan melakukan sosialisasi Narkoba di sekolah dan di Distrik Manokwari Barat kompleks Transito.

“Bukan kami bangga untuk menyelesaikan 18 kasus narkoba, tetapi kami selalu bersedih karena kasus narkoba sangat tinggi di wilayah Kabupaten Manokwari,”sesalnya.

Pihaknya pun telah mengambil langkah-langkah diantaranya kordinasi dengan Polda Papua, kordinasi dengan instansi terkait, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, karena ganja sering masuk ke Manokwari berasal dari kota Jayapura, Papua.

Dimana diketahui bahwa pengedar yang membawa masuk Narkoba ke Manokwari kebanyakan mempunyai motif yang berbeda ada yang menggunakan kapal dan pesawat. (Rolly/oke)

____

Komentar