7 Tahun Vakum, Motor Balap Kapolda Cup Kembali Digeber

SORONG, PBD- Sekitar 7 tahun, balap motor memperebutkan Piala bergilir Kapolda Papua Barat vakum atau terhenti.

Namun perlombaan balapan motor kini kembali diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua Barat Daya melalui Open Champion Kapolda Cup 2023.

____

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Motor Balap Kapolda Cup Champion 2023, Erick Thenu, mengatakan event ini untuk menggali bibit pembalap yang berbakat, nantinya akan membawah nama Papua Barat Daya untuk bersaing di tingkat nasional.

“Tujuan dari event agar menggali bibit pembalap road race yang berbakat dan terhandal kemudian nantinya bisa membawa nama Papua Barat Daya bersaing di tingkat Nasional,” ucap Erick Thenu, Jumat sore (29/9/23).

Adapun dasar pelaksanaan lomba atas perintah Kapolda Papua Barat tentang arahan Ketua IMI Papua Barat Daya yang disertai dengan SK 003/IMI-PBD/SK/A/9/2023.

Ujar Erick, kami pun mendorong daya tarik seluruh pecinta otomotif di Provinsi Papua Barat Daya untuk menyaksikan event balap motor yang sudah lama tidak dilaksanakan.

Lanjutnya, IMI turut mendukung program pemerintah dalam memajukan olahraga pada umumnya dan olahraga otomotif roda dua pada khususnya, terus memotivasi para pecinta otomotif sebagai wadah untuk menyalurkan hobi secara positif

“Kejuaraan Kapolda Cup akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari 29/9/23 – 01/10/23 atau Jumat Sabtu dan Minggu, yang berlangsung di jalan Yos Sudarso depan Stadion Bawela Kota Sorong,” bebernya.

Jelasnya, kelas yang dilombakan berjumlah 25 yang dibagi dalam 5 kategori lomba, peserta yang ikut dalam melaksanakan event ini berasal dari Papua Barat Daya, Tanah Papua dan juga beberapa pembalap dari luar tanah Papua.

“Tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua Barat dan Kapolres Sorong Kota beserta seluruh jajaran, Pemprov PBD, para penasehat IMI-PBD yang telah sepenuhnya mendukung panitia,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Monang Silitonga, yang diwakili oleh Wakapolda Petrus Renwarin, menyampaikan bahwa sudah 7 tahun vakum dari kejuaraan balap motor dan baru dilakukan kembali sekiranya ini menjadi momen yang berdampak positif bagi kaum muda milenial.

“Jadi sudah cukup lama kita vakum dari kejuaraan balap motor sehingga pada kesempatan ini kurang lebih terhitung 3 hari berturut-turut akan dilakukan balapan untuk itu anak muda jangan main kelompok nanti celaka,” tegasnya.

Sehingga dapat Ia berharap bagi semua pembalap dapat melaksanakan lomba balapan Kapolda cup 2023 ini dengan baik dan sportif.

“Jangan coba-coba main dan curang, semua harus bermain baik dan sportif.¬† Agar semua bisa selamat dan terhindar dari yang namanya kecelakaan,” ujar Wakapolda.

Lalu, perwakilan Pj Gubernur PBD Mohammad Musa’ad, dalam hal ini diwakili Kadispora dan Parekraf¬† Yusdi Lamatenggo, menyambut baik pelaksanaan Kapolda Cup 2023 sebab kegiatan lomba balap ini sangat bernilai karena akan mengurangi aktivitas narkoba serta balapan liar.

“Saya melihat lomba balapan motor ini sudah mulai mendapat sambutan positif dari masyarakat, sekaligus kegiatan ini pun dapat menjauhkan anak-anak kita dari hal-hal negatif,” imbuhnya.

Ditambahkannya, semoga kedepan dilakukan kejuaraan yang sama agar dapat melahirkan pembalap-pembalap handal dan nantinya akan membawa harum nama Papua Barat Daya di kancah nasional bahkan internasional.

Agar diketahui peserta yang sudah mendaftar sampai hari ini berjumlah 203 peserta, dengan jumlah starter 505 stater. (Mewa)

Komentar