oleh

324 Calon Panwas Distrik Ikuti Seleksi Tes Tulis

SORONG,- 324 Orang Peserta Calon Anggota Panwas di 10 Distrik Se Kota Sorong mengikuti tes tertulis yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah (UMS) Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (14/10/22).

Menurut komisioner Bawaslu Kota Sorong, Muhammad Nasir, yang ditemui beberapa media menyatakan bahwa tes ini adalah penentuan bagi calon peserta yang nantinya setelah lolos seleksi akan dipilih 6 orang setiap distrik kemudian akan dilakukan lagi seleksi berikut sebagai penentuan akhir bagi 3 orang peserta saja yang akan diambil dari masing-masing distrik tersebut.

“Jadi hari ini adalah tes tertulis bagi calon Anggota Panwas di 10 distrik yang ada di Kota Sorong, peserta hadir sebanyak 324 peserta kemudian nanti kami akan mencari 6 orang untuk mengikuti seleksi wawancara hasil dari itu akan diambil sebanyak 3 orang peserta saja untuk setiap distrik,” terang Ketua Bawaslu Kota Sorong.

Kata Nasir, yang akan dianggap memenuhi syarat ialah mereka yang mempunyai integritas baik dan mempunyai nilai terbaik untuk masuk sebagai evaluasi distrik, dan tes ini dilakukan selama dua hari intinya sampai lolos.

Namun, Lanjut Nasir, pihaknya akan melihat kembali efisien waktu maka dengan kesiapan yang dilakukan hari ini, bahkan besok beberapa masih memiliki waktu untuk tetap terlaksana sebab banyak peserta yang ikut.

Bebernya, tugas dari mereka sendiri yakni melakukan pengawasan di wilayah distrik masing-masing yang terkait dengan pelarangan-pelarangan kampanye, misalnya kampanye sara isu agama kemudian melakukan pengarsipan di wilayah distrik dan mengawal data pemilih di tingkat dan beberapa tugas lainnya yang melekat.

Tambahnya, setelah dilakukan tahap tes tertulis dan wawancara akan dilakukan pelantikan setelah itu baru diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek), untuk memberikan penguatan kepada peserta panwas berupa tugas-tugas maupun wewenang apa saja yang harus mereka lakukan.

Sehingga, diharapkan kepada peserta yang hadir mengikuti dapat percaya diri untuk mengisi soal yang diberikan serta dalam mengawal proses demokrasi pemilu 2024.

“Kita tahu bahwa ke depan ada dua tahapan yaitu Pilkada atau Pemilihan maupun Pemilu di mana pemilihan itu melakukan pemilihan Bupati dan Gubernur, kemudian untuk Pemilu sendiri ada pemilih Capres maupun Cawapres serta anggota DPR, DPR RI dan DPD,” ungkapnya.

Untuk soal tes tertulis sendiri dikirim step by step mulai dari Pusat ke Provinsi dan dilanjutkan ke Kota Kabupaten, untuk pengumuman hasil seleksi berdasarkan dengan pedoman yang telah ditetapkan.

“Jadi kami akan mengumumkan hasil di tanggal 17-18 Oktober 2022 setelah itu teman-teman panwas akan dilantik paling lambat tanggal 28 Oktober, nanti juga akan ada rekan-rekan dari sekretaris masing-masing distrik yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil,” tutupnya. (Mewa)

Komentar