32 Tahun Mengabdi Akabri 91 Bagi Ribuan Paket Sembako dan Layani Kesehatan Gratis

SORONG, PBD – Ratusan warga sejak pukul 08.00 WIT terlihat antusias mendatangi posko kesehatan di halaman Masjid Al Ikhlas Kelurahan Klabinain Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (21/10/23).

Dengan tertib dan teratur warga yang di dominasi mama-mama Papua menuju petugas kesehatan untuk memeriksakan kesehatan mereka. Tak perlu menunggu lama, mereka pun langsung mengambil obat dan vitamin oleh petugas serta membawa sembako yang disediakan pihak Koarmada III.

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi didampingi Akabri 91 lainnya yaitu Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, Kabinda Papua Barat Brigjen TNI Tahan Sopian Parulian Silaban dan mantan Kapoksahli Armada III, Laksamana Pertama (purn) Yohanis Yulius Tamoni, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian Akabri 91 selama 32 tahun serentak seluruh Indonesia yang dibuka oleh Panglima TNI dan Kepala Polri sebagai wujud sinergitas TNI Polri kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata dan ungkapan syukur Akabri 92 dalam mengabdi kepada bangsa dan negara selama 32 tahun dengan wujud berbagi kepada masyarakat melalui bakti sosial dan bakti kesehatan. Komitmen Kami, pengabdian kepada bangsa dan negara sekaligus sinergitas bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, sekaligus media silaturahmi kepada masyarakat terhadap kondisi sosial masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Papua Barat Daya,” ujar Pangkoarmada III.

Ditambahkan Wakapolda Papua Barat yang baru saja dimutasi menjabat Wakapolda Papua, Ranwarin mengatakan bahwa kegiatan Bakti kesehatan dan Bakti sosial rutin dilakukan oleh leting atau angkatan Akabri 91 maupun angkatan lainnya.

“Kebetulan Panglimanya berada di Sorong jadi kegiatan dipusatkan di Sorong. Kami harap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi sesama dan dapat terus berkelanjutan,” ujar Wakapolda Papua tersebut.

Adapun sembako yang dibagi sebanyak 1.085 paket sembako yang disebar di 3 distrik dan 9 kampung. Distrik tersebut adalah distrik Aimas, Mayamuk dan Moisegen.

Sekitar 400 warga datang untuk berobat, sedangkan jenis penyakit yang mendominasi keluhan masyarakat pada bakti kesehatan didominasi penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), penyakit kulit, lambung dan darah tinggi.

Salah satu warga sekaligus tokoh masyarakat di Kelurahan Klabinain, Hosea Krenak mengucapkan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada Panglima Koarmada III yang sudah mengadakan pertama kalinya di Kelurahan tersebut.

“Terima kasih dan bangga sekali bahwa kelurahan ini ditunjuk sebagai basis bakti sosial Panglima dan Wakapolda. Semua dapat sembako dan bisa datang periksa kesehatan tanpa biaya,” ucap Hosea, mantan lurah Klabinain tersebut.

Ia berharap kegiatan tersebut bukan yang pertama dan terakhir tapi dapat berlanjut apalagi disaat perekonomian semakin sulit. (Oke)

___

Komentar