Tekad Sang Calon Anggota MRP Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Calon terpilih anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Selatan (MRPS) periode 2023-2028, H Abdul Awal Gebze bertekad mengemban amanah tugas kehormatan, tugas adat leluhur dalam memproteksi pemberdayaan dan keberpihakan terhadap Orang Asli Papua (OAP) Selatan.

Sejalan dengan kehadiran MRPS sebagai lembaga representasi kultural Orang Asli Papua (OAP) Selatan yang memiliki wewenang tertentu untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak OAP Selatan dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan dan pemantapan kerukunan hidup beragama.

___ __

Dimana putera daerah keturunan Gebze Awabalik dari Dusun Wenil, Kampung Iwol, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke yang lahir pada 5 Januari 1965 ini terpilih sebagai satu-satunya calon anggota MRPS perwakilan agama islam atas usulan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Merauke, dan Majelis Muslim Papua.

“Kami komitmen dengan yang sudah diputuskan Pj Gubernur Papua Selatan dalam penetapan calon terpilih anggota MRP Papua Selatan. Saya diusulkan melalui perwakilan agama, merupakan hasil musyawarah dari seluruh organisasi masyarakat islam di Kabupaten Merauke,” ungkap H Abdul Awal Gebze didampingi Ketua LDII Merauke dan muslimat NU kepada Sorongnews.com di Kantor Gubernur Provinsi Papua Sepatan, Senin (31/7/23).

Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Cenderawasih menjelaskan, 3 lembaga besar islam yaitu MUI, NU dan Muhammadiyah Merauke telah memberikan surat tugas kepadanya untuk mewakili di MRP Provinsi Papua Selatan.

Ia bersama-sama dengan 32 calon terpilih anggota MRPS lainnya perwakilan unsur adat, perempuan dan agama akan melaksanakan tugas dengan baik dalam memberikan perlindungan terhadap hak-hak OAP Selatan.

“Selaku anak adat Marind, kami memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan seluruh elemen masyarakat di Papua Selatan senantiasa menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban yang ada dinegeri kami Bumi Anjm Ha, tanah dan istana damai. Tidak mengenal hal-hal yang merusak atau memberikan ketidaknyamanan ditengah masyarakat,” tandasnya.

Adapun biodata yang terangkum media ini,

Nama : H Abdul Awal Gebze

TTL : Okaba, Januari 1965

Pendidikan :

SD Yapis Merauke
SMP Negeri 1 Merauke
SMA Negeri (Hidayatillah)
S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uncen

Suku: Marind (Merauke)

Keturunan: Gebze Awabalik

Alamat: Kampung Buti, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke.

(Sorongnews.com/Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar