oleh

Sejarah Bagi IAIN Sorong, Wisuda Langsung Terima Ijazah

SORONG,- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Hamzah dalam Orasi Kepemimpinan dan Pesan Al Jami’ah pada pelaksanaan wisuda Sarjana ke XVI dan Pascasarjana ke V menjelaskan bahwa wisudawan/wisudawati langsung mendapatkan ijazah, Senin (28/11/22).

“Pada hari ini, para wisudawan/wisudawati yang memenuhi syarat, menerima ijazah dan transkrip nilai asli, serta legalisir 10 lembar secara gratis. Ini adalah komitem bersama, serta kerja sama antara institusi, fakultas maupun mahasiswa”.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan,  bagi wisudawan/wisudawati yang belum menyelesaikan administrasi dan kewajiabannya, diberi waktu maksimal 2 minggu setelah prosesi wisuda.

“Kita harus segera menyelesaikan segala kewajiban kampus kepada para alumni, agar hubungan akademis berakhir sampai disini. Karena para alumni kami, telah ditunggu dalam dunia yang lebih nyata, yakni “pengabdian”, jelas Rektor

Berdasarkan data yang dihimpun sorongnews.com, Rektor IAIN Sorong mengukuhkan sebanyak 176 lulusan terbaik dengan klasifikasi sebanyak 166 lulusan sarjana (S-1) dan 10 lulusan magister (S-2), yang bertempat di Aula IAIN Sorong.

Salah satu lulusan IAIN Sorong yang juga merupakan lulusan terbaik, Muhammad Hendra menjelaskan bahwa sepengetahunnya ini adalah kali pertama IAIN Sorong membagikan ijazah dan transkrip nilai pada saat wisuda.

“Saya senang sekali, selain wisuda, hari ini langsung menerima ijazah dan transkrip nilai, juga legalisir ijazah dan transkrip. Jadi, kita tidak perlu lagi bolak balik kampus untuk mengurusnya. Ini sangat bermanfaat bagi kami, yang mau lanjut kuliah S2, bisa langsung daftar, begitupun yang mau cari kerja, bisa langsung digunakan ijazahnya” tuturnya bersemangat.

 

Dalam kesempatan yang sama, salah satu orang tua wisudawan, Solihin, mengungkapkan kebahagiaan dan kebanggaannya dalam mengukuti prosesi wisuda IAIN Sorong.

 

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada IAIN Sorong yang telah mendidik anak saya hingga menjadi sarjana. Saya yang hanya petani dan penjual buah ini sangat bangga bisa hadir dan menyaksikan prosesi wisuda anak saya. Semoga kedepannya anak saya bisa sukses dalam karier dan masa depannya karena sudah langsung mendapat ijazah, sekali lagi terima kasih IAIN Sorong”. ungkapnya haru.

 

Ketua Panitia, Hasbullah menjelaskan bahwa icon utama pelaksanaan wisuda tahun 2022 ini adalah penerimaan ijazah tepat waktu. Segala cara dan upaya dilakukan oleh pihak rektorat, fakultas hingga panitia wisuda untuk menyelesaikan penulisan, pencetakan hingga penandatangan ijazah sebelum prosesi wisuda. (Sya)

Komentar