oleh

Pondok Ramadhan Momentum Tingkatkan Keimanan, Ketakwaan, dan Kecerdasan Remaja Masjid

SORONG,- Lembaga Pembinaan, Pengembangan Dakwah dan Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Sorong menyelenggarakan Pondok Ramadhan yang diselenggarakan di Masjid Al-Fattah, kompleks Melati Raya, kota Sorong, Papua Barat, Jumat – Minggu (15-17/4/22).

Kegiatan pondok Ramadhan 1443 H di bulan suci ini, dilaksanakan secara tatap muka dengan mengajuk tema “Ramadhan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kecerdasan remaja masjid”.

Kepada Sorongnews.com, Direktur Daerah LLPPSDM BKPRMI kota Sorong, Madina Rumakway mengatakan bahwa kegiatan pondok Ramadhan kali ini bertujuan memberi pemahaman secara menyeluruh tentang pentingnya bulan suci Ramadhan serta mendekatkan rasa cinta seorang remaja terhadap masjid dengan melakukan kegiatan yang positif.

Ia juga menuturkan pondok Ramadhan ini berupaya meningkatkan amal ibadah remaja guna membentuk kepribadian baik secara jasmani maupun rohani.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dengan terselenggaranya kegiatan seperti ini, dapat memberikan pemahaman kepada remaja tentang ajaran agama dan bagaimana mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari, serta mendekatkan diri kepada Masjid, bukan dibulan suci Ramadhan saja, akan tetapi setiap saat.

“Ini kegiatan Pondok Ramadhan, kegiatan ini kami laksanakan selama tiga hari full, dari hari ini, tanggal 15 April hingga 17 April, kita akhiri kegiatan ini,” jelasnya.

Peserta Pondok Ramadhan, terdiri dari seluruh remaja Masjid yang ada di kota Sorong, yang mana setiap Masjid mengutus dua utusan remaja Masjidnya untuk turut mengambil bagian dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini, kami padatkan dengan 12 materi yang berbeda, ada yang terkait kemasjidan, wawasan terkait ilmu keagamaan, edukasi terkait lingkungan, yang mana seluruhnya membangun semangat pemuda remaja untuk lebih mencintai Masjid,” kata Madina, Jumat (15/4/22).

Menurut Madina, pemateri yang pihaknya hadirkan ini, memiliki berbagai latar belakang keilmuan yang berbeda satu sama lain, sehingga dimaksudkan untuk bersama-sama menambah wawasan bagi remaja Masjid yang turut ambil bagian di kegiatan ini tentunya.

“Agar remaja Masjid ini, mereka mendapatkan wawasan yang luas, agar mereka setelah mengikuti kegiatan ini, mereka memiliki banyak wawasan, baik wawasan keislaman, wawasan kebangsan maupun wawasan lainnya yang kami sajikan pada penyelenggaran pondok Ramadhan,” tutur Madina.

Selanjutnya, diharapkannya, setelah kegiatan ini usai, remaja dapat semakin mengenal Masjid, mempunyai kenangan manis nan indah yang tak terlupakan, sehingga mendorong remaja untuk senantiasa hadir di Masjid.

“Kami melakukan kegiatan ini, untuk menarik serta mengajak untuk kembali ke Masjid, setelah mereka kembali ke Masjid, mereka dapat mengambil ilmu disini yang kemudian dapat disajikan maupun diterapkan di lingkungan Masjid sekitarnya,” harapnya.

Selain mengadakan pondok Ramadhan, disampaikan Mandina, dalam kurun waktu dekat, pihaknya akan mengadakan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan suasana bulan suci Ramadhan, yang salah satunya akan diadakan buka puasa bersama, dengan beberapa panti asuhan, yang mana pihaknya akan menjalin silatirahmi antar sesama dengan menggandeng berbagai remaja masjid yang ada di kota Sorong ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 59 remaja yang berasal dari berbagai Masjid di kota Sorong turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kemudian, kegiatan pondok Ramadhan diisi oleh beberapa pemateri yakni diantaranya tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh intelektual. (Jharu)

Komentar