Polresta Manokwari Adakan Upacara Pembaretan Bintara Remaja

MANOKWARI, PAPUA BARAT- Polresta Manokwari gelar upacara tradisi pembaretan Bintara remaja Samapta di  Mapolresta Manokwari, Papua Barat, Kamis (16/5/24).

Kapolresta Manokwari, RB Simangunsong dalam sambutannya mengatakan pada hakekatnya tugas fungsi samapta adalah mencegah gangguan Kamtibmas (Preventif) semua tindakan yang harus sesuai dengan prosedur dan fungsi teknis. Tidak menyalahgunakan kewenangan Polri dalam tugas yang didasarkan pada manajemen operasional yang efektif, ramah dan mengedepankan sikap humanis, sopan, tegas dan terukur. Namun tetap profesional dan anggota yang melaksanakan tugas harus memahami SOP tindakan yang dilakukan.

___

Untuk mendukung pelaksanaan tugas preventif anggota samapta harus memiliki kemampuan tur rajawali untuk mengatur kegiatan masyarakat kemampuan dalmas lanjut dengan Raimas.

Sambungnya, untuk melakukan penegak hukum tindak pidana kategori ringan dan Perda serta non KUHP, kemampuan negosiasi dalmas, negosiasi penyanderaan, bunuh diri dan kemampuan bantuan SAR yang diakibatkan oleh bencana alam dan non alam untuk menguasai kemampuan tidak cukup hanya melalui proses belajar formal saja, namun di perlakukan latihan-latihan rutin dan berkesinambungan dalam waktu yang cukup.

“Kemampuan-kemampuan yang saya sampaikan di atas sangat penting untuk dikuasai guna mendukung program dan kebijakan pimpinan Polri salah satu di antaranya adalah program patroli dialogis. Patroli dialogis ini merupakan program unggulan samapta Polri untuk mewujudkan pemilu tahun 2024 yang aman sehingga diperoleh informasi yang ril terhadap masalah-masalah yang terjadi guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dan suksesnya program tersebut, salah satunya di tentukan oleh kesiapan anggota sebagai petugas Patroli Satuan Samapta,” pesan Kapolres.

Tentunya semua berharap bahwa melalui pembaretan yang telah dilaksanakan hendaknya dapat dijadikan sebagai latihan penetapan fisik, mental dan pengetahuan guna meningkatkan kompetensi Anggota Samapta tidak hanya dalam mendukung program patroli dialogis saja, namun juga dalam melaksanakan tugas umum lainnya,dan pembaretan merupakan tradisi baik yang perlu di lanjutkan untuk Bintara angkatan berikutnya.

Pada pelaksanaan kegiatan upacara tradisi pembaretan yang  dilaksanakan merupakan salah satu upaya untuk pengabdian, memupuk disiplin patriotisme, jiwa Korsa, loyalitas dan kebersamaan serta juga mempunyai makna yang khusus sebagai momentum bergabungnya Bintara remaja di kepolisian resor Kota Manokwari khususnya di satuan samapta Polresta Manokwari.

Sebelum Kapolresta Manokwari mengakhiri sambutan ini, secara pribadi dan satuan jajaran Polresta Manokwari mengucapkan selamat bergabung dan melaksanakan rangkaian kegiatan pembaretan hari ini. (Rolly)

___ ___

Komentar