Pj Gubernur Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus Ikaswara Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Disambut Tari Gambyong asal Jawa Tengah, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musaad bersama Isteri disambut hangat di pendopo Ikaswara Kota Sorong, Sabtu (18/3/23).

Kehadiran orang nomor satu di Provinsi termuda RI itu, guna melantik Dewan Kehormatan dan Dewan Pengurus Ikatan Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) provinsi Papua Barat Daya periode 2023 – 2028.

___

Pj Gubernur dalam sambutannya usai melantik Ketua dan pengurus Ikaswara Papua Barat Daya memberikan apresiasi karena Ikaswara proaktif dan menjadi perkumpulan pertama di tingkat Provinsi yang berbasis kesukuan.

“Sebagai kelompok entitas, masyarakat Sunda, Jawa dan Madura ini, diharapkan bisa berkontribusi dalam percepatan pembangunan di PBD. Dengan jumlah anggota yang banyak, suatu kekuatan bersama, Saya harap adanya kerjasama dengan pemerintah melaksanakan pembangunan di Papua Barat Daya ini,” ucap Musaad.

Ia pun berharap perkumpulan, paguyuban dan kelompok etnis lainnya dapat mengikuti Ikaswara dengan membangun institusi di tingkat provinsi, karena kelompok masyarakat adalah mitra pemerintah dalam pembangunan.

Sementara itu, Ketua terpilih Ikaswara, Tupono mengatakan bahwa 9 Desember 2022 lalu, Ia bersama sejumlah pengurus lainnya dapat menjadi saksi pelantikan Pj Gubernur Papua Barat Daya di Jakarta dan saat ini, Ia merasa bahagia sekaligus senang karena Pj Gubernur Papua Barat Daya dapat menjadi saksi dengan melantik pengurus Ikaswara Papua Barat Daya.

Pj Gubernur PBD menari tarian Gugur Gunung bersama warga Ikaswara/SN

“Perkumpulan organisasi masyarakat ini, tidak dapat berbuat banyak jika tanpa dukungan dari Pemerintah daerah dalam hal ini khususnya Gubernur Papua Barat Daya. Sebagai warga, Kami siap menjadi penyambung lidah bagi kerukunan di tingkat Kota dan Kabupaten dan siap mengemban amanah sesuai wejangan dari Bapak Gubernur, serta siap mendukung setiap program pembangunan provinsi Papua Barat Daya,” ujar Tupono.

Usai prosesi pelantikan dan sambutan, Ketua Umum Ikaswara Papua Barat Daya, Tupono menyerahkan sebuah keris kepada Pj Gubernur sebagai kenang-kenangan dan diberikan kehormatan sebagai warga Ikaswara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati bersama Istri, Kapolresta Kota Sorong, Dandim 1802 Sorong, Dirpolairud Polda Papua Barat, Forkopimda lainya yang dihibur tari-tarian khas Jawa Sunda Madura, tarian Papua Modern, serta kuliner khas ketiga suku tersebut.

Bupati Sorong Selatan dan Bupati Raja Ampat yang ditemui terpisah memberikan apresiasi kepada Ikaswara Papua Barat Daya yang telah dilantik oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, seraya berharap Ikaswara Papua Barat Daya dapat merangkul Ikaswara di tingkat Kota dan Kabupaten se Papua Barat Daya.

Diakhir kegiatan, Pj Gubernur Papua Barat Daya manari bersama warga Ikaswara dengan tarian Gugur Gunung. (oke)

___ ___

Komentar