Pj Bupati Maybrat Mohon Maaf Atas Keterlambatan Pembahasan APBD-P

MAYBRAT, PBD- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, rapat paripurna untuk pembahasan dan penetapan raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2023.

Rapat dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Maybrat, Habel Howay didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD, Agustinus Tenau, Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu serta dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang rapat Gedung DPRD Maybrat di Kumurkek, Papua Barat Daya, Kamis (2/11/23).

Mengawali sambutannya, Pj. Bupati Bernhard Rondonuwu sampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembahasan APBD-P 2023 itu. Bahkan, Ia mengaku akan mendorong jajaran pemerintah serta menggenjot kompetensi di dalam menyiapkan dokumen prioritas dan penjabarannya.

Rondonuwu tambahkan, sebagai eksekutif pihaknya melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), pimpinan dan anggota DPRD bahu-membahu susun raperda APBD-P 2023.
Bila sudah disetujui, sisa waktu tahun 2023 ini akan melaksanakan sisa anggaran yang telah direkap di setiap OPD.

“Mencermati pelaksanaan penganggaran 2023, ada kendala yang muncul di antaranya penyerapan anggaran OPD yang lambat. Sebagai pimpinan dan nakhoda pemerintahan, saya mohon maaf dan pengertian meskipun sudah diujung tahun anggaran”, ujarnya.

Menurutnya, beberapa faktor kendala hingga penyerapan anggaran lambat itu antara lain, pergeseran pegawai secara besar-besaran ke Pemprov Papua Barat Daya sehingga terjadi kekosongan jabatan struktural dan fungsional. Selain itu, transfer dana pusat ke daerah sehingga apa yang direncanakan dalam APBD induk jadi tidak tercapai.

“Melihat kondisi itu, kami rapat dengan TAPD bahas apa yang jadi prioritas. Sebagian besar anggaran dialokasikan buat infrastruktur jalan. Lalu dalam porsi APBD-P ini, sekitar 16 persen dialokasi untuk penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu, kekurangannya akan dianggarkan pada APBD 2024”, tutupnya. (Valdo)

___ __ ___

Komentar