Peringati HUT ke 206 Pattimura, KKBM Sorong Tabur Bunga di TMP

SORONG, PBD- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2o6 Pattimura ditandai upacara singkat sebelum tabur bunga oleh Perkumpulan Kerukunan Keluarga Besar Maluku (KKBM), di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trijaya Sakti di Kota Sorong, Papua Barat Daya Senin (15/5/23).

Menggunakan pakaian adat khas Maluku, Ketua (KKBM) Kota Sorong, Max Hehanusa mengatakan bahwa ziarah makam ini dilakukan dalam rangka mengenang perjuangan Pahlawan Pattimura yang menjadi salah satu Pahlawan Nasional asal Maluku saat berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Meski telah meninggal dunia, namun peringatan HUT ke 206 Pattimura ini menjadi penyemangat bagi generasi anak-anak Maluku dalam berkarya memajukan diri baik dalam pendidikan secara khusus, bersaing secara sehat dengan orang-orang nusantara se Sorong Raya. Maju terus pantang mundur tujuannya apa, yaitu kita jangan mundur tetapi kita maju bagaimana bersama-sama dengan saudara nusantara lainnya membangun Tanah Papua,” ujar Max.

Ia pun mengatakan bahwa HUT ke 206 Pattimura jangan hanya dijadikan moment rutinitas orang Maluku saja, tapi juga dapat dijadikan rutinitas semua orang karena Pattimura bukan Pahlawan Maluku tapi Pahlawan Nasional, sebagaimana Pahlawan nasional lainnya.

“Jangan jadikan moment ini suatu rutinitas saja, tapi bagaimana kita harus hormat bukan hanya kepada Kapitan Pattimura tetapi pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia. Pattimura adalah pahlawan nasional bukan lokal artinya bukan milik orang Maluku saja, sebab semangatnya begitu hebat dia rela mati di gantung demi nusa dan bangsa,” tandasnya.

Ia berharap dengan peringatan HUT Pattimura yang dilakukan tiap tahun oleh KKBM dapat menumbuhkan semangat warga Maluku untuk tetap hidup bersatu, saling menghargai, menghormati, berkolaborasi dengan lintas suku yang mendiami tanah Papua serta mendukung pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Pantauan sorongnews.com, usai upacara pengurus dan anggota KKBM yang menggunakan pakaian adat khas Maluku menaburkan bunga di atas pusara Pahlawan bangsa di TMP. (Mewa)

____

Komentar