oleh

Percepat Pembentukan PBD, Gubernur Papua Barat Akan Datangi Mendagri

MANOKWARI, – Ketua Tim Percepatan Pemekaran Calon Provinsi Papua Barat Daya (PBD), Lamberthus Jitmau, didampingi oleh Ketua Presidum PBD Yosafat Kambu serta Kepala Sekretariat dan staf tim, Harjito menemui Gubernur Papua Barat, Dominggus Mansacan yang di Manokwari, Jumat (25/9/20).

Kedatangan mereka berkaitan dengan menyampaikan aspirasi warganya bersama lintas suku yang beberapa waktu lalu melakukan aksi demo damai di Kantor Wali Kota.

Dalam laporannya kepada Gubernur Papua Barat bahwa Tim Percepatan menyatakan sudah bekerja selama 2 (tahun) berdasarkan Sk.Gubernur Papua Barat Nomor 120.1/74/4/2018 tanggal 10 April 2018 tentang pembentukan Tim Percepatan pemekaran Calon Provinsi Papua Barat Daya telah melakukan berbagai upaya dan memenuhi pembaruan berkas yang dibutuhkan dalam rangka Pembentukan DOB Papua Barat Daya. Dalam SK tersebut disebutkan bahwa Ketua Tim Percepatan adalah Walikota Sorong, Wakil Ketua adalah Bupati Sorong Selatan, SekretarisTim Adalah Bupati Tambrauw, Wakil Sekretaris adalah Bupati Raja Ampat, Bendahara adalah Bupati Maybrat dan Wakil bendahara adalah Bupati Sorong.

Dalam kurun waktu tersebut Tim sudah melakukan berbagai audiensi baik dengan Kemendagri, Kemenkopolhukam, KSP, dan Komisi II DPR RI. Laporan secara tertulis disampaikan kepada Gubernur Papua Barat dan langsung diserahkan kepada Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat. Dan perlu diketahui bahwa Gubernur Papua Barat juga sudah mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Barat Nomor 125/72/3/2020 tentang persetujuan Pembentukan Provinsi Papua Barat Daya sebagai provinsi Pemekaran dari provinsi papua Barat pada tanggal 12 Maret 2020. SK ini sangat memperkuat perjuangan Pembentukan PBD dan SK tersebut sudah diserahkan kepada Presiden Rid an Mendagri serta kementerian terkait dan lembaga terkait.

Komentar