Pemkab Maybrat Terima 9 Item Bantuan Logistik dari Kemensos untuk Gereja dan Warga

MAYBRAT, PBD – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat menerima bantuan berupa logistik dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk pihak gereja dan warga eksedus di Maybrat, Papua Barat Daya.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, Adrianus Alla dan tim kepada pihak pemerintah daerah di depan kantor bupati Maybrat, Kamis (1/6/23).

Ada sembilan item bantuan yang diserahkan diantaranya, bibit babi 1.412 ekor, pakaian 1.000 stel, beras 14.120 kg, peralatan dapur 100 paket, bumbu siap saji 120 kg, ikan asin 200 kg, mi instan 1.412 karton, sarden 2.825 kaleng dan ketela 1.000 kg.

Andrianus mengungkapkan, mewakili Mensos RI datang ke Kabupaten Maybrat menyerahkan bantuan secara langsung sebagai bentuk kehadiran negara ditengah masyarakat. Terlebih khusus masyarakat eksodus Maybrat.
“Kami dari kementerian memohon maaf, ibu Menteri Sosial, Tri Rismaharini belum dapat hadir disini. Namun beliau rencananya akan berkunjung ke Kabupaten Maybrat sama ke Kabupaten Tambrauw,” ujarnya.

Tidak hanya bantuan logistik, pihaknya juga berjanji akan memberi bantuan kepada warga pengelola kacang tanah di Maybrat. Namun terkait hal itu, kementerian menunggu pengajuan dari Pemkab Maybrat.

Dikesempatan tersebut, Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu bersyukur dan berterima kasih. Menurutnya, bantuan ini ada atas pergumulan bersama-sama sehingga dapat terwujud.

Rondonuwu juga meminta kepada pihak Kemensos RI agar bisa membantu jaringan di wilayah Ayata Aifat Timur sehingga akses komunikasi warga berjalan baik.

Kemudian, infrastruktur jalan yang ada karena sangatlah sulit untuk dilalui kendaraan.

“Pergumulan warga eksodus ini sangatlah banyak. Bahkan, ada yang hampir mencapai dua tahun tidak pulang ke kampung halaman. Mereka itu semua adalah saudara kita yang butuh perhatian,” lugas Pj Bupati.

Pemulangan keseluruhan warga eksedus ke kampung halaman menjadi program khusus Pemkab Maybrat.

Dimana ada 4 tahapan proses pemulangan warga tersebut yang dilakukan oleh pemerintah dibantu semua elemen. (Valdo/05)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar