Musywil Pemuda Muhammadiyah PB Digelar, Kolaborasi Pemuda Negarawan

SORONG, PBD – Pemuda Muhammadiyah Papua Barat menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Musywil) V Pemuda Muhammadiyah Papua Barat bertempat di salah satu hotel di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (27/4/24).

Musyawarah itu diketahui dalam rangka kolaborasi Pemuda Negarawan Papua Barat-Papua Barat Daya guna membentuk serta membahas program-program internal yang akan dijalankan kemudian.

___

Karateker Ketua Pemuda Muhammadiyah Papua Barat, Irwan Boinauw menerangkan bahwa, dengan terlaksananya Musywil itu, pihaknya menginginkan akan hadirnya Pemuda Negarawan, sehingga hal ini kedepannya menurutnya dapat memikirkan kemajuan Provinsi yang baru saja terbentuk ini.

“Kami mengangkat dengan tema yakni kolaborasi Pemuda Negarawan, ini masih berlanjut dengan tagline kami di Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah bahwa harus menghadirkan Pemuda Negarawan, kami ingin di Provinsi baru, Provinsi Papua Barat Daya, menghadirkan Pemuda Muhammadiyah yang tidak hanya memikirkan untuk dirinya, namun dapat memajukan Provinsi ini,” terang Karateker Ketua Pemuda Muhammadiyah Papua Barat, Irwan Boinauw.

Diakuinya, dalam pelaksanaan Musywil itu, pihaknya membahas dua sisi yang bersifat internal dan eksternal, termasuk bagaimana melakukan penataan dan perbaikan organisasi Pemuda Muhammadiyah.

“Yang kami bahas disini ada dua, yang bersifat internal dan eksternal, termasuk bagaimana penataan dan perbaikan organisasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, diungkapkannya, dalam pelaksanaan Musywil tersebut, dilaksanakan pula agenda pemilihan Formatur yang akan mengisi struktur kepengurusan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah, baik Formatur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat maupun Formatur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat Daya.

“Ini Musywil induk atas nama Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat, dan InsyaAllah setelah pleno 5 akan ada pemilihan Formatur, itu akan kami pisah, pemilihan Formatur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat dan pemilihan Formatur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat Daya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya berharap, melalui Musywil ini, organisasi harus senantiasa tetap bergerak, dan memiliki kewajiban melahirkan regenerasi yang baik, terutama mewujudkan cita-cita Pemuda Muhammadiyah mencari Pemuda Negarawan.

“Kami berharap, melalui Musywil ini, organisasi ini harus terus tetap bergerak, tidak boleh terhenti dan berkewajiban harus memiliki regenerasi yang baik, terutama dalam mewujudkan cita-cita kita mencari Pemuda Negarawan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Organisasi, Irfa Wilindaya berpesan kepada seluruh Pemuda Muhammadiyah agar terus menerus menegakkan panji-panji dan nilai-nilai khittah perserikatan dalam menjalankan langkah dakwah, serta terus menyebar matahari (menyebar kebaikan) kepada semua orang.

“Papua Barat sebagai Provinsi induk dan Papua Barat Daya tetap menegakkan panji-panji nilai-nilai khittah perserikatan dalam kita berbuat dakwah, semakin hari semakin baik dengan memberikan pelayanan yang khas dari Muhammadiyah yaitu memberi atau menyebarkan matahari kepada seluruh orang. Mudah-mudahan Pemuda Muhammadiyah ikut juga mengawal itu, disamping gerakan pembaharuan,” tutur Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Organisasi, Irfa Wilindaya saat ditemui Sorongnews.com disela-sela Musywil V Pemuda Muhammadiyah PB, Sabtu (27/4/24).

Dirinya berharap, Pemuda Muhammadiyah dapat mengisi jabatan-jabatan penting sesuai fashionnya masing-masing, sehingga Pemuda Muhammadiyah hari ini menurutnya merupakan pemimpin masa depan.

“Pemuda hari ya pemimpin masa depan, saya berharap kader Pemuda Muhammadiyah sesuai fashionnya bisa mengisi jabatan-jabatan penting, apakah didunia politik, apakah di amal usaha yang sudah ditanamkan pendiri-pendiri Muhammadiyah,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya berharap dengan pembentukan Formatur kepengurusan baru Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat Daya dapat terus dieksiskan untuk tumbuh kembang kader-kader, sehingga disiapkan sebagai generasi yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa selanjutnya.

“Kepengurusan Pemuda Muhammadiyah Papua Barat Daya kan baru dibentuk, kami tentunya berharap bisa terus dieksiskan untuk tumbuh kembang kader-kader, sehingga generasi Pemuda Muhammadiyah siap mengisi, siap melanjutkan kepemimpinan selanjutnya,” harapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, berikut media ini merangkum Formatur Terpilih Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Papua Barat serta Formatur Terpilih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya dari hasil Musywil itu yakni :

Formatur Terpilih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat diantaranya, Adi Murat (Ketua), Syahrul Rumodar (Sekertaris), Dodi M. Ramdani (Bendahara), Mulis Sampe (Ketua Bidang), Syafril Hafidz (Ketua Bidang), Syahrullah (Ketua Bidang), Rauf Rumanam (Ketua Bidang), Safriyono (Ketua Bidang), Husin Safua (Ketua Bidang), Muhammad Rusdi Faruk (Ketua Bidang) dan Nasrun (Ketua Bidang).

Selanjutnya, Formatur Terpilih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Papua Barat Daya diantaranya, Wiryawan Kresna Wisnubrata (Ketua), Samsul R. Manaf (Sekertaris), Imam Al Amin Anggiluly (Bendahara), Bandu Bumboro (Ketua Bidang), Aldilla W. Sutikno (Ketua Bidang), Ismed Kelibay (Ketua Bidang), Aziz Seseray (Ketua Bidang), Rahman (Ketua Bidang), Dwi Pamungkas (Ketua Bidang), Hasyim Kelirey dan Abu Sofyan (Ketua Bidang). (Jharu)

___ ___

Komentar