Kunker di Papua Selatan, Hari Ini Kapolda Papua Resmikan Kantor Polres Boven Digoel

MERAUKE, – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Mathius D Fakhiri bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Papua Selatan selama 3 hari, 12-15 Mei 2023.

Pantauan Sorongnews.com, orang nomor satu dijajaran Polda Papua ini tiba di Bandar Udara Mopah Merauke, Jum’at (12/3/2023).

Disambut hangat oleh Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan dan Ketua Bhayangkari Cabang Merauke beserta jajaran.

Juga Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, Plt Asisten I Sekda Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno, Danrem 174/ATW, Kolonel Inf Agus Widodo, Danlantamal XI, Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, Danlanud JA Dimara, Kolonel Pnb Onesmus Gede Rai Aryadi, Wakil Bupati Merauke, H Riduwan.

Diwarnai pemasangan mahkota Papua dan tari-tarian adat Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, kedatangannya di Papua Selatan untuk menghadiri beberapa kegiatan.

“Pertama dalam rangka Kedinasan, saya
ada kegiatan di Boven Digoel untuk meresmikan kantor baru Polres Boven Digoel besok (hari ini, red). Saya transit di Merauke,” jelasnya.

Sesuai rencana, Irjen Pol Mathius D Fakhiri juga akan mengunjungi sekolah masa kecilnya di Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel. Sekolah itu bernama SD Pancasila yang saat ini berganti nama menjadi SD YPPK Xaverius Mindiptana.

Kapolda mengungkapkan, sehari transit di Merauke langsung bertemu jajaran Polres Merauke dan meresmikan Polsubsektor Semangga diwilayah ekstransmigrasi Kabupaten Merauke.

Bahkan, Kapolda berniat silaturahmi ke Markas Korem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) di Tanah Miring, Merauke.

“Sekali jalan, saya juga bertemu anggota Polres Merauke. Terus saya resmikan Pospol Semangga. Kemudian, saya akan ke teman-teman tentara, ketemu Danrem 174/ATW,” bebernya.

Kapolda berharap, kunjungannya itu semakin mempererat soliditas TNI – Polri di bumi Anim Ha.

“TNI-Polri garda terdepan yang menjaga pilar bangsa ini untuk tetap menjaga keamanan di Papua,” lugas Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Kapolda menambahkan, setelah meresmikan kantor Polres baru di Boven Digoel, pihaknya akan transit kembali ke Merauke sebelum bertolak ke Polda Papua di Jayapura.

“Setelah dari Boven Digoel, saya balik lagi kesini. Paling tidak, 2 hari didaerah kota rusa,” tandasnya. (Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar