KPU Kota Sorong Buka Pendaftaran PPD, Cek Jadwal dan Syaratnya

SORONG, PBD – Menindaklanjuti Rakornas KPU RI, untuk seluruh komisioner Divisi SDM tingkat provinsi, kota dan kabupaten se-Indonesia yang berlangsung 17-19 April lalu menyangkut perekrutan anggota Panitia Pemungutan Distrik (PPD) jelang Pemilukada serentak tahun 2024, KPU Kota Sorong mulai membuka pendaftaran.

Menurut Ketua Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Sorong Hilman Djafar, terkait persiapan rekrutmen badan Adhoc PPD dan PPS, sesuai dengan PKPU 476 tentang persyaratan perekrutan.

___

“Sesuai dengan SK bahwa pertanggal 4 April 2024,anggota PPD yang telah bekerja sebelumnya dalam Pemilu Pilpres dan Pileg sudah dibubarkan dan otomatis tidak ada perpanjangan, sehingga untuk anggota PPD pada Pemilukada ini direkrut anggota baru,” kata Hilman yang saat ini juga merangkap sebagai Pelaksana Harian(PLH) KPU Kota Sorong kepada sorongnews.com Rabu(24/4/24)

“Adapun Persyaratannya sama dengan Persyaratan sewaktu rekruitmen Pileg kemarin yaitu fotocopy KTP, Ijasah minimal SMA/SMK sederajat untuk tingkat PPD, surat pernyataan tidak terlibat anggota Parpol, Surat Kesehatan, WNI dan bukan anggota TNI / Polri tetapi ASN diperbolehkan,” tambah Hilman.

Sedangkan untuk informasi selanjutnya dapat langsung mendatangi KPU Kota Sorong yang beralamatkan di Jalan Sorong Makbon KM 12, dimana Pihak KPU menyediakan Helpdesk untuk membantu para pendaftar.

“Untuk tanggal pembukaan pendaftaran itu mulai dari 23 April hingga 29 April, namun jika kuota belum mencukupi, diperpanjang sampai 2 Mei 2024. Adapun selanjutnya pada tanggal 11 Mei dilakukan Fit dan Propertest dan akhirnya pada 16 Mei, sudah dilaksanakan pelantikan Anggota PPD KPU Kota Sorong,” ungkapnya.

Hilman melanjutkan, sesuai dengan distrik yang ada maka 50 orang akan direkrut untuk anggota PPD dengan komposisi 70 persen laki-laki dan 30 persen perempuan.

“Kita utamakan anggota PPD yang direkrut adalah warga yang berdomisili di distrik masing-masing sehingga sesuai evaluasi, persoalan yang timbul dapat ditangani dengan sesegera mungkin,” tutup pria berdarah Enrekang Toraja ini. (Ali)

___ ___

Komentar