KPPN Sorong Sosialisasi Langkah Hadapi Akhir Tahun Anggaran 2023

SORONG, PBD – Menghadapi akhir tahun anggaran 2023, KPPN Sorong mengadakan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan di Aula Raja Ampat Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (1/11/23).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang seluruh Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga yang menjadi mitra kerja KPPN Sorong.

Dalam sambutannya, Budi Hartadi selaku Kepala KPPN Sorong menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut atas terbitnya Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor 10 Tahun 2023 tentang Langkah-Langkah dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2023. Melalui pelaksanaan sosialisasi secara langsung, diharapkan para pengelola keuangan pada Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga dapat meningkatkan pemahaman terkait apa saja yang harus diperhatikan dan diwaspadai menjelang akhir tahun anggaran 2023.

Secara umum, langkah-langkah dalam menghadapi akhir tahun anggaran 2023 tidak memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya. Setiap pengelola keuangan Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga harus memperhatikan tanggal-tanggal penting yang menjadi batas akhir penyampaian tagihan pembayaran ke KPPN.

Selain itu, para Satuan Kerja juga diharapkan melakukan evaluasi atas berjalannya pengerjaan proyek dan kegiatan untuk memastikan bahwa penyelesaiannya dapat dilakukan sebelum tahun anggaran 2023 berakhir.

Selanjutnya, Budi Hartadi juga menyampaikan bahwa hal yang berbeda dalam akhir tahun anggaran 2023 kali ini adalah tidak adanya mekanisme pembayaran dengan menggunakan jaminan bank garansi.

Dalam akhir tahun 2023, pemerintah menerapkan mekanisme Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran atau RPATA. Dengan mekanisme ini, maka satuan kerja tidak perlu lagi meminta penyedia untuk menyiapkan jaminan bank garansi sebagai jaminan penyelesaian pekerjaan di akhir tahun anggaran 2023.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, penyampaian materi dilakukan oleh 4 orang narasumber yaitu Yovi Irawan selaku Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Sorong, Bahrian Kansiro selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Sorong, Musmulyadi selaku Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara dan Mochamad Fariz Rizky Indraputra selaku Tim PPA I Kanwil DJPb Barat. Keempat narasumber kemudian menyampaikan materi dan paparan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, yang meliputi:

Langkah-Langkah Akhir Tahun Anggaran 2023 sesuai PER-10/PB/2023

  • Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran (RPATA) 2023
  • Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Satuan Kerja
  • Revisi Anggaran dalam Akhir Tahun Anggaran 2023

Kegiatan sosialisasi selanjutnya ditutup dengan sesi diskusi antara peserta sosialisasi dan para narasumber dengan dipandu oleh moderator.

Pada sesi ini yang menjadi moderator adalah Ihsan Kurniawan selaku Kepala Seksi MSKI KPPN Sorong. Dalam closing statement yang diberikan, moderator menyampaikan bahwa akhir tahun anggaran merupakan periode singkat dengan agenda pekerjaan yang cukup padat.

Namun demikian, KPPN Sorong tetap berkomitmen untuk memegang teguh integritas dan memberikan layanan yang terbaik dengan tarif layanan Rp0,- (nol rupiah), serta menolak segala bentuk gratifikasi. (*/Oke)

___

Komentar