oleh

Korneles Ola Pimpin Ikatan Keluarga Adonara, Ini Pesan Ketua IKF

SORONG, – Korneles Kopong Ola bersama wakil ketua 1 Yakobus Suban Lile, wakil ketua 2, Kristianus Kopong Lowe Lelek, sekretaris Florianus Tito Balimula, dan pengurus lainnya dilantik sebagai pengurus Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Kota dan Kabupaten Sorong periode 2021 – 2026 di aula SMA Agustinus Kota Sorong, Papua Barat, Rabu siang (26/5/21).

Ketua Ikatan Keluarga Flobamora (IKT-NTT), Syafrudin Sabonama bertindak sebagai orang yang melantik dan mengukuhkan IKA.

Dalam sambutannya, Sabonama menegaskan bahwa IKA adalah rumah besar masyarakat Adonara NTT di perantauan yang fokus pada sosial kemasyarakatan bukan terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Saya berharap IKA memainkan peran fokus pada sosial kemasyarakatan karena masyarakat Adonara NTT secara umum sebagian besar bekerja di lapangan sehingga potensi konflik besar sekali. Saya harap pengurus yang sudah dilantik memperkuat jejaring dengan kerukunan nusantara lainnya maupun kerukunan suku asli Papua, agar tercipta kehidupan yang harmonis. Saya ingatkan lagi bahwa jangan menjual kehormatan, martabat Adonara untuk kepentingan pribadi. Karena IKA ini hadir bukan dengan tertawa atau senang tetapi dengan air mata,” ujarnya mengingatkan.

Sementara itu, ketua terpilih, Korneles Kopong membenarkan pernyataan Ketua IKF bahwa hampir 90 persen warga Adonara di Sorong bekerja di jalanan dengan resiko kerja yang sangat tinggi. Oleh karena itu, program kerja prioritasnya adalah mendata warga Adonara di wilayah Sorong termasuk mendaftarkan asuransi jiwa warga Adonara jika mengalami kecelakaan atau kematian dapat terlindungi.

“Kami dan Saya pribadi sudah berkomitmen tidak akan membawa kerukunan IKA ke kegiatan politik karena ini adalah kerukunan keluarga kemasyarakatan yang fokus mengurus dan bermanfaat bagi warga Adonara di Sorong. Termasuk komitmen Kami menjalin komunikasi dengan kepala suku lainnya agar mengurangi resiko konflik. Kami juga berkomitmen untuk menyelesaikan berbagai persoalan dengan asas kekeluargaan sebelum dibawa ke ranah hukum,” terang Korneles.

Disela-sela kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan asuransi ketenaga kerjaan dari BPJS kepada salah satu warga Adonara.

Hadir menyaksikan pelantikan tersebut, anggota DPD RI Sanusi Rahaningmas, Anggota DPR Provinsi asal PKB, Abdullah Gazam, Ketua Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kei, Saban Bugis, dan tamu undangan lainnya. (Oke)

Komentar