Kantah Merauke Tuntaskan 1.400 Sertifikat Program PTSL di 5 Kelurahan Ibukota Papua Selatan

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Merauke menyelesaikan pekerjaan rutin dan Program Strategis Nasional dalam hal ini Pendaftaran Tenaga Sistematis (PTSL) tahun 2023.

Kepala Kantah (Kakantah) Kabupaten Merauke, Pantoan KPH Tambunan kepada Sorongnews.com menuturkan, sebanyak 1.400 sertifikat program PTSL itu menyasar masyarakat 5 Kelurahan di Kabupaten Merauke, Ibukota Provinsi Papua Selatan. Diantaranya, Kelurahan Kamundu, Kamahedoga, Kelapa Lima, Maro dan Mandala.

“Sebanyak 716 sertifikat sudah diserahkan, setengah dari yang kami kerjakan. Pada umumnya masyarakat ambil ke kantor, namun ada beberapa diserahkan saat momen tertentu oleh bupati dan pejabat Kementrian ATR/BPN pusat,” ungkapnya, Senin (8/1/24).

Pria berdarah Batak dan bertubuh tegap ini menjelaskan, sisa sertifikat program PTSL yang dituntaskan 2023 tersebut akan diserahkan tahun ini kepada masyarakat.

Dia mengakui, target PTSL 2023 yang diberikan ke Kantah Merauke sebanyak 5.000 sertifikat terbilang cukup besar. Terlebih pada tahun sebelumnya, tidak sampai seribu sertifikat program PTSL yang dikerjakan.

“Kami sudah bekerja sekeras mungkin dan hanya bisa menyelesaikan 1.400 sertifikat (PTSL) saja ditahun 2023. Mudah-mudahan target 2024 sekitar 2.000 sertifikat program PTSL dapat tercapai,” ujar Pantoan Tambunan.

Dikatakan, PTSL adalah salah satu program pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

PTSL juga merupakan program yang bersifat sistematis. Kementrian ATR/BPN berusaha untuk menyelesaikan pendaftaran tanah pada satu kelurahan, kampung ke tempat berikut dan seterusnya.

“Hingga saat ini PTSL masih berpusat di kota karena berorientasi pada target pertumbuhan ekonomi sekaligus mendorong kesejahteraan perekonomian disuatu daerah. Pada akhirnya seluruh kabupaten, provinsi dan Indonesia harus terselesaikan,” tandas Pantoan KPH Tambunan. (Hidayatillah)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar