Kadis Capil : Kalau Bisa Ganti Alat Baru, Agar Petugas Tidak Kewalahan Saat Lakukan Perekaman E-KTP

SORONG,- Kepala Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kota Sorong, Onesimus Assem, mengatakan bahwa dinas dukcapil sudah bekerja secara maksimal, namun masih mengalami kesulitan. Dalam memberikan pelayanan perekaman e-ktp masih terkendala keterbatasannya alat yang digunakan.

“Kami siap jalankan tugas hanya saja kesulitan itu ada, terutama sarana operasional salah satu diantaranya alat cetak hanya satu, itupun juga bantuan dari 2019 dan seharusnya diganti sebab sudah error,” ungkap Kadis Capil saat ditemui media, Senin (31/10/22).

Kesulitan itu juga ditemui saat melakukan perekaman e-KTP, dan juga alat dukung lainnya termasuk kendaraan roda empat untuk menjadi kendaraan operasional tim untuk turun ke distrik, kelurahan, sekolah-sekolah dan lain sebagainya.

Untuk itu agar dapat menunjang semuanya, pihak dukcapil kembali menganggarkan kepada Pemerintah daerah, mengapa demikian, sebab Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah dicabut oleh Pemda dan mereka tidak bisa anggarkan dana kalau masih prioritaskan infrastruktur.

Ia menjelaskan, DAK yang diberikan oleh pusat sebesar 1,5 Miliar, dan sesuai aturan itu harus diedarkan. Namun kini telah dicabut dengan alasan, mungkin karena penduduk tidak terlalu penting dan justru sebaliknya Infrastruktur lah yang lebih penting.

Sehingga Ia akan kembali kerja keras untuk menyusun kembali anggaran yang dibutuhkan untuk segera dianggarkan, sebab semua hanya demi memajukan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat kota sorong. (Mewa)

____

Komentar